nusabali

Vegan dan Vegetarian, Ternyata Beda Lho!

  • www.nusabali.com-vegan-dan-vegetarian-ternyata-beda-lho

Vegan menghindari segala jenis makanan hewani, termasuk produk turunannya. Sebaliknya vegetarian masih memungkinkan mengkoncumsi telur, susu ataupun madu.

DENPASAR, NusaBali.com
Banyak yang menganggap vegan dan vegetarian adalah hal yang sama. Meskipun sama-sama memiliki manfaat kesehatan, vegan dan vegetarian adalah dua hal yang berbeda. Hal ini disampaikan oleh Dr Susianto, ahli gizi yang juga ketua Indonesia Vegetarian Society (IVS), dan Presiden Vegan Society of Indonesia (VSI). "Vegetarian tidak mengonsumsi hewani, tapi masih memungkinkan mengonsumsi produk hewani," jelas Susianto saat mengisi seminar kesehatan dan gaya hidup vegan di Fortunate Chofe Bali, Sabtu (26/10/2019).

Produk hewani yang ia maksudkan antata lain telur dan susu. Sedangkan vegan, jelas Susianto, menghindari segala bentuk produk hewan termasuk mengonsumsi semua daging hewan dan produk olahannya. "Seorang vegan menghindari segala jenis makanan mulai dari bahan-bahan yang berasal dari hewan, termasuk telur, susu, madu,"paparnya.

Susianto menambahkan ada banyak manfaat yang didapatkan dengan menjalani gaya hidup vegetarian dan vegan. "Saya sendiri sudah menjalani gaya hidup vegetarian selama 31 tahun. Kemudian 18 tahun terakhir saya mengupgrade menjalani gaya hidup vegan, dalam artian tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali seperti telur, susu, dan madu," katanya.

Seorang vegetarian dan vegan, kata Susianto, lebih sering mengonsumsi nabati. Bahan nabati sendiri yang ia maksudkan adalah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, gandum, buah, padi, kentang, ubi. "Ini lebih baik untuk tubuh jika dibanding dengan mengonsumsi hewani. Bahkan dengan berhenti mengonsumsi daging akan mencegah risiko terkena kanker sebanyak 60 persen," ungkapnya.

Tak hanya itu, Susianto mengungkapkan dengan sering mengonsumsi nabati seperti sayur-sayuran dapat mencegah kanker payudara sebanyak 11 persen. Pria dengan julukan 'Dokter Tempe' ini juga menambahkan kandungan kalsium pada tempe yang termasuk makanan nabati lebih tinggi 10 kali lipat jika dibanding daging-dagingan. "Bahkan angka kandungan kalsium pada tempe sampai 10 kali lipat dari kalsium daging. Kalsium daging kambing hanya 11 miligram, daging ayam 14 miligram, daging sapi 11 miligram, sementara kandungan kalsium tempe itu 129 miligram," pungkas Susianto.*has

loading...

Komentar