nusabali

Jaya Negara Pantau Kesiapan Pilkel di Masing-masing Desa

  • www.nusabali.com-jaya-negara-pantau-kesiapan-pilkel-di-masing-masing-desa

Wakil Walikota Denpasar bersama stakeholder, melaksanakan pemantauan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Denpasar, Sabtu (26/10).

DENPASAR, NusaBali

Pemantauan tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan setiap desa melaksanakan pemilihan Kepala Desa (Pilkel) serentak di 23 desa dengan 61 calon perbekel yang akan bersaing hari ini, Minggu (27/10).

Bersama Ketua Panitia Pilkades serentak Kota Denpasar, I Made Toya, serta pimpinan OPD terkait di Lingkungan Kota Denpasar, peninjauan pertama dilaksanakan di TPS 3 Desa Dauh Puri Kauh di Banjar Tainsiat, TPS 1 Desa Dauh Puri Kangin di Banjar Gemeh  TPS 2 Desa Sanur Kauh di Banjar Puseh Kauh dan TPS Banjar Kedaton Desa Sumerta Kelod. Pantauan yang dilakukan berupa kelengkapan pelaksanaan mulai dari lokasi bilik suara, tempat duduk saksi, lokasi kotak suara hingga tempat tinta pemilih.

Ketua Panitia Pilkades serentak Kota Denpasar, I Made Toya mengatakan, bahwa  kesiapan seluruh TPS yang jumlahnya sebanyak 588 yang tersebar di empat kecamatan ini telah dilakukan pemantauan melalui PPK, PPS sehingga kemungkinan terjadinya masalah dapat diminimalisir. Selain itu, pihaknya juga telah memastikan 254.069 masyarakat yang telah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya.

“Dengan segala persiapan yang terus kami maksimalkan, tentunya kami berharap pelaksanaan Pilkades serentak Kota Denpasar tahun 2019 ini dapat berjalan lancar, sukses dan kondusif, serta tentunya sesuai dengan aturan dengan tetap menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, dan rahasia,” terangnya.

Sementara Wakil Walikota Jaya Negara mengatakan bahwa pemantauan ini dilaksanakan untuk memastikan seluruh persiapan di TPS sudah terlaksana dengan baik serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini berkaitan dengan denah memilih yang harus disesuaikan sehingga proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar.

Jaya Negara juga mengajak seluruh  masyarakat yang sudah berhak memilih untuk menggunakan hak pilih di TPS. “Pemkot Denpasar bersama Forkompinda, Kepolisian, TNI, Kejari, Pengadilan dan DPRD sudah melaksanakan  kordinasi dengan baik, dengan harapan pemilihan perbekel ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Dan saya mengimbau kepada masyarakat kota denpasar di desa masing-masing untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya dengan baik serta harus saling menghargai hak pilih walau berbeda karena ini merupakan sebuah pesta demokrasi ditingkat desa," jelasnya.*mis

Komentar