nusabali

SMPN 1 Banjarangkan Wakili Lomba GDT Bali

  • www.nusabali.com-smpn-1-banjarangkan-wakili-lomba-gdt-bali

SMPN 1 Banjarangkan, Klungkung, mewakili Klungkung dalam Lomba Gugus Depan Tergiat (GDT) Kwartir Daerah Bali 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Penilaian dilakukan oleh tim dipimpin Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali Ir Made Dana, di sekolah setempat, Jumat (25/10).

Hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Kepala SMPN 1 Banjarangkan I Nengah Suradnya mengatakan, ada pun sembilan bidang yang dinilai, yakni standar data keanggotaan Gudep (gugus depan), standar administrasi gudep, standar pengelolaan gudep, standar kompetensi gudep, standar kegiatan pasukan, standar pencapaian SKU-SKK-SP, standar sarana prasarana, standar pengalaman pembina mengikuti kegiatan pada bidang pendidikan, sosial, keagamaan dan standar penghargaan prestasi gudep.

Selain itu, lanjut Suradnya, di bidang aspek keunggulan gudep meliputi sumber daya manur, manajemen dan administrasi, sarana dan prasarana, kegiatan, proses prestasi. Bupati Suwirta menyambut baik pelaksanaan kegiatan lomba ini. Menurutnya, Gerakan Pramuka bertujuan sangat mulia yakni membentuk setiap anggota pramuka untuk memiliki keperibadian berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjungjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI. "Untuk mewujudkan hal itu diperlukan adanya sinergi semua pihak secara kolaboratif mengupayakan SDM yang memiliki kompetensi dan keterampilan melalui berbagai bidang termasuk di dalamnya melalui pendidikan keperamukaan," ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta menambahkan agar seluruh siswa-siswi bisa mengikuti pelaksanaan lomba ini dengan baik, hal yang tidak kalah penting salam Gema Santi juga harus selalu diperdalam."Jangan mendidik mereka di zona nyaman. Hal terpenting, tanamkan selalu sikap karakter yang kuat serta dilandasi dengan inovasi Pemkab Klungkung yakni Gema Santi, hal ini dilakukan agar nantinya kedamaian selalu terjaga di dalam lingkungan sekolah," harap Suwirta.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali Made Dana sangat mengapresiasi partisipasi Gerakan Pramuka peserta didik yang ada di Kabupaten Klungkung. Dasar dari dilaksanakannya kegiatan ini nantinya untuk mempersiapkan diri dalam rangka mengirim peserta ke tingkat nasional. "Semoga dengan adanya kegiatan lomba ini bisa mewujudkan generasi muda yang berkarakter," harapnya. *wan

Komentar