nusabali

Putri HT Jadi Wakil Menteri Pariwisata

Erick Thohir Diberi 2 Wamen BUMN

  • www.nusabali.com-putri-ht-jadi-wakil-menteri-pariwisata

Dua hari pasca pelantikan Kabinet ‘Indonesia Maju’ Jokowi-Ma’ruf Amin 2019-2024, Jumat (25/10) Presiden Jokowi kembali lantik 12 wakil menteri (Wamen), yang terdiri dari 5 tokoh profesional, 5 kader parpol, 1 Timses, 1 relawan.

JAKARTA, NusaBali
Putri Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo, yakni Angela Tanoesoedibjo, 32, diangkat menjadi Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tidak semua dari 34 kementerian dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf dikasih jatah Wamen. Presiden Jokowi hanya mengangkat Wamen untuk 11 kementerian. Khusus untuk Menteri BUMN Erick Thohir, diberi jatah 2 Wamen. Kedua Wa-men BUMN diambil dari tokoh profesionel, masing-masing Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama Mining Industry Indonesia) dan Kartika Wirjoatmojo (Direktur Utama Bank Mandiri).

Selain Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmojo, ada 3 tokoh profesional lagi yang diangkat jadi Wamen. Mereka masing-masing Mahendra Siregar, Dubes RI untuk Amerika Serikat yang diangkat jadi Wamen Luar Negeri, Alue Dohong (Deputi Badan Restorasi Gambut/jadi Wamen Lingkungan Hidup & Kehutanan), dan Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal/jadi Wamen Keuangan).

Sedangkan 5 politisi yang ditunjuk jadi wakil menteri, masing-masing Jerry Sam-buaga (Golkar/jadi Wamen Perdagangan), John Wempi Wetipo (PDIP/jadi Wamen  PUPR), Zainut Tauhid (PPP/Wamen Agama), Surya Tjandra (PSI/Wamen Agraria & Tata Ruang), dan Angela Tanoesoedibjo (Perindo/Wamen Pariwisata & Ekonomi Kreatif).

Sementara Tim Sukses (Timses) yang diangkat Presiden Jokowi jadi wakil menteri adalah Wahyu Sakti Trenggono. Pengusaha yang sebelumnya menjabat Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 ini dipecaya sebagai Wamen Pertahanan, mendampingi Menhan Prabowo Subianto. Sebaliknya, relawan yang diangkat jadi wakil menteri adalah Budi Arie Setiadi. Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) ini diangkat menjadi Wamen Desa dan PDTT.

Dengan diangkatnya Angela Tanoesoedibjo jadi Wamen Pariwisata & Ekonomi Kreatif, maka Pereindo selaku parpol koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 akhirnya kebagian jatah di kabinet. Demikian pula PSI, parpol anggota koalisi yang terwakili oleh diangkatnya Surya Tjandra sebagai Wamen Agraria & Tata Ruang.

Dari 9 parpol koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019-2024, hanya Hanura dan PKPI yang belum kebagian jatah masuk kabinet. Sedangkan PDIP selaku pemegang suara mayoritas, kebagian 6 kursi di kabinet. Disusul kemudian Golkar dapat jatah 4 kursi kabinet, PKB (3 kursi kabinet), NasDem (3 kursi kabinet), dan PPP (2 kursi kabinet). Bahkan, Gerindra yang berada di luar koalisi saat Pilpres 2019, juga kebagian jatah 2 kursi kabinet, melalui Prabowo Subianto (jadi Menteri Pertahanan) dan Edhy Prabowo (Menteri Kelautan & Perikanan).

Tampilnya Angela Tanoesoedibjo sebagai Wamen Pariwisata & Ekonomi Kreatif cukup menarik, karena dia dipercaya mendampingi Wishnutama, pendiri Net.TV yang sudah lebih dulu dilantik jadi menteri dua hari sebelumnya. Baik Wishnuta-ma maupun Angela sama-sama tokoh muda yang diharapkan mampu mendandani sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Angela yang baru berusia 32 tahun merasa yakin pengalamannya di dunia usaha bisa membantu menyukseskan visi misi Jokowi di bidang pariwisata. "Ada 10 destinasi wisata yang jadi prioritas," ujar Angela dilansir detikcom kemarin. Setelah dilantik jadi Wamen Pariwisatan, Wakil Sekjen DPP Perindo ini bakal mundur dari semua jabatan di perusahaannya dan kepengurusan partai. "Pasti mundur dari bisnis," tutur putri dari Hary Tanoesoedibjo (HT), Ketua Umum DPP Perindo yang juga bos MNC Group.

Sementara, Presiden Jokowi sebut Angela pintar urusan promosi. Maka, Angela yang memiliki pengalaman di bidang promosi diharapkan mampu menggenjot jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

“(Angela) Masih muda. Pengusaha berpengalaman di bidang media, pintar promosi, sehingga kita berikan kepercayaan jadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi saat memperkenalkan satu per satu para Wamen sambil lesehan di tangga depan Istana Negara Jakarta, Jumat kemarin. "Kita harapkan dapat fokus mengurus pariwisata dan wisatawan yang datang berkunjung ke RI semakin banyak," lanjut Jokowi, yang kemarin didampingi Wapres Ma’ruf Amin.

Angela sendiri merupakan anak sulung dari 5 bersaudara pasangan Hary Tano-esoedibjo dan Liliana Tanaja Tanoesoedibjo. Srikandi kelahiran 23 April 1987 yang kini menjabat Wasekjen DPP Perindo ini menyelesaikan Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia tahun 2008. Dia juga mendapat gelar Master of Commerce dalam bidang keuangan dari Universitas New South Wales Australia tahun 2010.

Istri dari Michael Dharmajaya tersebut selama ini kelola bisnis ayahnya, Hary Tanoesoedibjo. Angela, antara lain, pegang posisi sebagai Managing Director RCTI, Director MNC Media, Global TV Managing Director Global TV (Global TV kini menjadi GTV), dan Director Megah Group. Dia juga jadi Director PT MNIE yang mengeluarkan High End Magazine, HET Magazine, dan Network! Magazine.

Dalam Pileg 2019 lalu, Angela ikut tarung berebut kursi DPR RI dari Perindo Dapil Jawa Timur I (Surabaya-Sidoarjo. Namun sayang, Angela gagal lolos ke Senayan karena perolehan suara Partai Perindo tak mencapai ambang batas parlemen. Pasca gagal lolos ke Senayan, Angela diangkat Jokowi jadi Wamen Pariwisata & Ekonomi Kreatif. *

Komentar