nusabali

Pelebaran Terowongan Hampir Rampung

  • www.nusabali.com-pelebaran-terowongan-hampir-rampung

Kegiatan pelebaran terowongan untuk rehabilitasi jaringan daerah irigasi (DI) Bunutin hampir rampung.

BANGLI, NusaBali

Pelebaran terowongan di Desa Ulian, Kecamatan Kintamani ini dimulai sejak September lalu. Selain pelebaran terowongan, ada juga pekerjaan bendung. Anggaran pembangunan Rp 10.866.154.726.

Kegiatan  fisik pembuatan dan penataan rehabilitasi jaringan irigasi DI  Bunutin di Desa Ulian terbagi beberapa item pekerjaan. Salah satunya pelebaran terowongan saluran irigasi sepanjang 1.550 meter. Rencananya  saluran irigasi ini akan dijadikan objek wisata air. Kasi Sumber Daya Air Dinas PUPR Perkim Bangli, IB Adnyana mengatakan, diameter terowongan  setelah pelebaran jadi lebar 80 cm dan tinggi 196 cm. Sebelum pelebaran, masuk ke dalam terowongan harus merangkak. “Setelah dilebarkan dan ditinggikan, bisa bergerak bebas di dalam terowongan air,” ungkap IB Adnyana, Kamis (24/10).

Terowongan menggunakan beton precast sehingga proses pengerjaan lebih cepat dan kwalitas lebih bagus. Pengerjaan bendung baru mulai dikerjakan. Posisi bendung ada di bawah, untuk mengakut material ke lokasi mengunakan pelintasan rel. Bendung berfungsi menampung air, kemudian air mengalir lewat terowongan menuju saluran irigasi di Desa Bunutin, Kintamani. “Jika proyek ini rampung maka bisa berfungsi ganda, selain untuk pertanian juga bisa dikembangkan menjadi objek wisata air,” ungkapnya. *esa 

Komentar