nusabali

Pemuda Pelopor Nasional Gelar Festival Pesona Edelweiss

  • www.nusabali.com-pemuda-pelopor-nasional-gelar-festival-pesona-edelweiss

Pemuda Pelopor Nasional 2019 I Nengah Sueca berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Karangasem  menggelar Festival Pesona Edelweiss di Banjar Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang.

AMLAPURA, NusaBali

Festival ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata. Salah satu kegiatannya yakni cara budidaya edelweiss atau padang kasna kepada siswa SD dan SMP.

Nengah Sueca merintis Taman Edelweiss di Banjar Temukus pada tanggal 15 Juni 2018. Lahan yang dikelola seluas 32 are bekerjasama dengan pengelola Kawasan Hutan Jati Agung. Inovasi ini untuk membangkitkan perekonomian desa yang sempat terpuruk pasca Gunung Agung status awas. Lomba yang digelar yakni lomba gebogan dengan pesertanya anggota WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) se-Kecamatan Rendang. Ada juga lomba tari Panyembrama dan penampilan grup musik Ganasvara pimpinan I Gusti Ngurah Gede Subagiartha.

Agenda hari kedua, Minggu (27/10) yakni seminar penguatan pramuwisata lokal, seminar siaga bencana, dan lomba menyanyi lagu Pop Bali tingkat remaja se-Kecamatan Rendang. “Ini Festival Pesona Edelweiss yang pertama. Pengunjung akan tahu cara mengembangkan padang kana,” katanya. Sementara Kepala Dinas Pariwisata I Ketut Sedana Mertha mengatakan, festival ini didanai Kementerian Pariwisata. Pelaksanaannya bekerjasama dengan pemilik taman edelweiss. Tujuannya untuk memajukan industri pariwisata. “Inovasi dari masyarakat perlu didukung sehingga objek wisata tumbuh dan berkembang serta banyak pilihan,” jelas Ketut Sedana Mertha. *k16

Komentar