nusabali

Belum Seluruh Daerah di Tabanan Terpasang Wifi Gratis

  • www.nusabali.com-belum-seluruh-daerah-di-tabanan-terpasang-wifi-gratis

Pemasangan wifi gratis program dari Pemerintah Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan sudah mencapai 330 titik dari yang didapat sebanyak 393 titik.

TABANAN, NusaBali

Sehingga total ada 63 titik wifi belum terpasang, khususnya di empat kecamatan karena terkendala letak geografis.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Tabanan I Putu Dian Setiawan, mengatakan dari 393 titik yang didapat, wifi sudah terpasang sebanyak 330 titik. Dari jumah 330 titik, sebanyak 247 titik sudah hidup alias sudah bisa digunakan oleh masyarakat. “Sisanya masih proses konfigurasi,” kata Putu Dian, Senin (21/10).

Menurut dia, memang ada daerah yang belum terpasang wifi gratis karena masih on progress. Jumlahnya 63 titik tersebar di Kecamatan Pupuan, Penebel, Baturiti, dan Selemadeg. Ini karena letak geografisnya yang terlalu jauh. “Pemasangan ditarget selesai akhir Oktober,” tegasnya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Tabanan ini menambahkan setelah seluruhnya rampung dilakukan pemasangan, pihaknya akan melakukan evaluasi lanjutan. Supaya wifi gratis program Pemprov Bali ini dapat dinikmati seluruh masyarakat di Tabanan. “Evaluasi penting, siapa tahu ada masyarakat yang ingin melakukan pemindahan pemasangan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, pemasangan wifi gratis bantuan keuangan khusus (BKK) Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan belum sepenuhnya bisa dinikmati masyarakat. Dari 393 titik yang dipasang, baru 85 titik wifi yang on. Sisanya masih menunggu penyambungan, sebab ada daerah yang jarak penarikan kabelnya sangat panjang hingga mencapai total sepanjang 1.600 kilometer.

Kepala Bidang (Kabid) Teknis Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabanan Dewa Gede Suwangsa didampingi Kasi Infrastruktur Dinas Kominfo Tabanan I Made Adi Wibawa, menjelaskan pemasangan wifi gratis pada intinya seluruhnya telah berproses. Hanya saja dari 393 titik yang dipasang per 20 September 2019 baru 85 titik yang on, sisanya masih proses pemasangan.

Menurut Wibawa, titik wifi yang belum on tersebut karena ada beberapa kendala. Di antaranya penarikan kabel yang mencapai total 1.600 kilometer, bahkan ada lokasi tertentu penarikan kabel dari distribusi poin sampai 25 kilometer.

“Itu yang agak sedikit lambat, penarikan kabelnya terlalu panjang. Selain itu keterlambatan alat dari rekanan, sebab banyak kabel yang diperlukan,” kata Wibawa, Senin (23/9).

Dari 10 kecamatan, penarikan kabel yang terlalu jauh ada di Desa Wanagiri, Kecamatan Selemadeg, Kecamatan Selemadeg Barat, dan Kecamatan Baturiti. Namun dari 10 kecamatan itu rata-rata titik lokasi yang dipasang wifi gratis sudah on dan bisa dinikmati masyarakat. Termasuk juga di tempat-tempat wisata yang ada di Tabanan. “Yang belum sama sekali wifi on ada di Kecamatan Marga dan Kecamatan Pupuan,” tegasnya. *des

Komentar