nusabali

Pemkab Jembrana Akan Gelar CAT CPNS Secara Mandiri

  • www.nusabali.com-pemkab-jembrana-akan-gelar-cat-cpns-secara-mandiri

Panitia Seleksi (Pansel) CPNS Pemkab Jembrana akan menggelar ujian computer assisted test (CAT) secara mandiri untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 yang rencananya dilaksanakan pada 2020 nanti.

NEGARA, NusaBali

Untuk menggelar CAT secara mandiri itu, Pansel CPNS Pemkab Jembrana merancang dua opsi, menyewa atau melakukan pengadaan sarana prasarana yang dibutuhkan.  

Sekda Jembrana yang juga Ketua Pansel CPNS Jembrana I Made Sudiada, didampingi Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jembrana I Made Budiasa, Selasa (22/10), mengatakan dalam seleksi CPNS 2019 nanti, pihaknya sudah pasti akan menggelar ujian CAT secara mandiri atau langsung di Jembrana. Hal itu sesuai harapan dari pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Masing-masing daerah diharapkan bisa menggelar CAT secara mandiri di masing-masing daerah, sehingga putra-putri yang di daerah setempat, tidak perlu jauh mengikuti tes, dan efektif waktu. Kalau bersama-sama, kadang juga harus antre,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menggelar CAT secara mandiri di masing-masing daerah, yang terpenting adalah ketersedian sarana prasarana. Seperti tempat, kursi, meja, komputer, jaringan internet, genset, dan beberapa sarana prasarana lainnya. Sedangkan untuk server berkenaan seleksi nanti, tetap dari BKN.

“Sekarang kita dapat jatah 230 CPNS, dan pelamarnya nanti bisa saja mencapai ribuan orang. Memang tidak mungkin kita sediakan langsung ribuan komputer. Nanti akan diatur dengan dibagi beberapa sesi. Yang terpenting kan tidak harus ke Denpasar seperti CPNS tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Terkait kesiapan sarana prasarana untuk menggelar CAT secara mandiri tersebut, kata Sudiada, nantinya akan dibahas lebih lanjut. Apakah menyewa atau langsung melakukan pengadaan. Itu tergantung dengan keadaan, dan akan dibahas lebih lanjut dengan DPRD Jembrana berkenaan Rancangan APBD tahun 2020 nanti. Terlebih sesuai informasi dari pemerintah pusat, setelah pengumuman CPNS 2019 ini, tahun 2020 nanti juga akan disusul pengumuman Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) 2020 pada awal tahun mendatang, dan pengumuman CPNS 2020 pada pertengahan tahun.

Untuk diketahui, berkenaan pendaftaran CPNS 2019 ini masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Pendaftaran dan proses seleksi administrasi akan dilaksanakan tahun ini. Sedangkan untuk SKD dan SKB menggunakan sistem CAT, akan digelar tahun 2020 mendatang. *ode

Komentar