nusabali

Liverpool Dominasi Nomine Ballon d Or 2019

  • www.nusabali.com-liverpool-dominasi-nomine-ballon-d-or-2019

Nomine Ballon d'or 2019 telah diumumkan pada Senin (21/10) atau Selasa dini hari WITA

NYON, NusaBali

Pengumuman nomine itu diliris oleh France Football dan L'Equipe selaku ‘tuan rumah’ penghargaan ajang pemilihan pemain terbaik dunia tersebut. Liverpool mendominasi daftar kandidat peraih penghargaan individu untuk pemain terbaik Ballon d'Or 2019 itu.

Ada 7 nama pemain juara Liga Champions 2019-2020 itu yang menjadi nomine. Mereka adalah Alisson Becker (kiper), Virgil van Dijk,Trent Alexander-Arnold (bek), Georginio Wijnaldum (gelandang), Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino (penyerang). Secara keseluruhan, ada 15 pemain Premier League - kasta teratas Liga Inggris - yang menjadi nomine Ballon d'Or 2019, termasuk 7 pemain Liverpool. Mereka akan bersaing dengan sejumlah nama lain, termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang telah lima kali memenangi penghargaan prestisius tersebut. Sementara itu, dari kategori putri, pemain dari timnas Amerika Serikat dan Lyon mendominasi nomine.

Ballon dOr Ballon d'Or atau Bola Emas merupakan penghargaan pemain terbaik yang sejajar dengan Pemain Terbaik FIFA. Kali pertama Ballon d'Or yang digagas France Football dilangsungkan adalah pada 1958. Hingga 1995, Ballon d'Or dikenal oleh sejumlah media sebagai penghargaan untuk Pemain Terbaik Eropa. Namun, anggapan itu berubah ketika George Weah memenangi penghargaan pada 1995.

Antara 2010 dan 2015, ajang ini melakukan merger dengan FIFA dan berubah nama menjadi FIFA Ballon d'Or. Dampaknya, pada 2011, UEFA menggelar ajang Pemain Terbaik Eropa untuk meneruskan tradisi yang dibuat Ballon d'Or. Sejak 2016, Ballon d'Or kembali digelar mandiri dan terpisah dari FIFA.  Berbeda dengan Pemain Terbaik FIFA, Ballon d'Or melibatkan jurnalis dalam memutuskan siapa yang berhak menyandang gelar. *

loading...

Komentar