nusabali

Joko Anwar Diikuti Makhluk Gaib

  • www.nusabali.com-joko-anwar-diikuti-makhluk-gaib

Jadi ‘pembisik’ saat garap film Perempuan Tanah Jahanam

JAKARTA, NusaBali

Sutradara film 'Perempuan Tanah Jahanam' (PTJ), Joko Anwar baru-baru ini diterawang saat dirinya tampil di sebuah acara. Joko disebut diikuti sosok makhluk tak kasat mata sejak lama. Sosok tersebut pun digambarkan bertanduk dan bersayap.

Diyakini Joko, jika memang benar adanya keberadaan makhluk tersebut, percaya tak percaya ia meyakini makhluk tersebut juga memberi sumbangan tentang cerita 'Perempuan Tanah Jahanam' yang selama 10 tahun ia simpan dan kembangkan.

"Gue nggak tahu sih kalau dibilang ngikutin apa nggak. Tapi beberapa kali gue merasa kayak ada angin yang tiba-tiba berembus, ya mungkin dia pembisik cerita-cerita. Nggak tahu juga sih," ungkap Joko seperti dilansir detik, Selasa (22/10).

Sosok yang disebut-sebut mengikutinya sejak lama itu diungkapkan Joko tak pernah muncul di mimpinya. Namun ia merasa kehadiran cerita 'Perempuan Tanah Jahanam' berhubungan dengan keberadaan makhluk halus tersebut.

"Pokoknya tiba-tiba aja masuk diberitahu tentang cerita desa (di film PTJ) ini. Di mimpi gue itu, dikasih lihat si bentuk desa ini. Gambar ini nggak masuk ke mimpi, tapi (berkaitan dengan 'Perempuan Tanah Jahanam') cerita film ini kayak dicekokin ke gue," urainya.

Joko Anwar juga mengungkapkan, membuat film 'Perempuan Tanah Jahanam' berbeda dengan pengalaman ketika dirinya menggarap film-filmnya lain. Cerita dalam film ini terbilang ajaib.

Dirinya tak punya acuan bagaimana mengembangkan cerita dalam film, sebab ia seperti menerima wangsit untuk membuat film ini.

"Ini nggak seperti gue mengerjakan film-film gue yang lain. Visualnya itu kayak ditunjukin ke gue lewat mimpi. Desanya misalnya, desanya itu gue kekeuh banget kan desanya itu nanti harus dilapisi tiga hutan," urai Joko.

"Yang luar itu hutan pinus, terus ada hutan bambu, hutan bambunya juga spesifik banget bentuknya. Terus yang ketiga itu, hutan yang tanamannya macem-macem. Makanya pas bikin film ini, gue kekeuh hutannya harus tiga macem," ungkap Joko lagi.

Ada ilham yang diterima Joko dan entah diyakini atau tidak berhubungan dengan sosok makhluk yang disebut mengikuti dirinya selama ini.

Sosok tersebut digambarkan sebagai makhluk bersayap sekaligus bertanduk. Joko sendiri enggan mencari tahu makhluk apakah itu.

Lepas dari cerita seram di atas, yang pasti jumlah penonton film PTJ berhasil melewati film Pengabdi Setan di hari pertama penayangan pada hari Kamis (17/10). Torehan prestasi ini tentu luar biasa, mengingat Joko Anwar sebagai sutradara sendiri tak ingin terlalu fokus dengan pendapat film ini. Pasalnya, target utama dari film ini adalah apresiasi dari penonton.

"Kita sebenarnya, kalau dari segi angka tidak pernah jadi diskusi yang berat di kita. Yang penting kita bikin filmnya bagus, penonton suka, dan bisa dapat apresiasi dari masyarakat, itu sih target utama dan kayaknya alhamdulillah tercapai," kata Joko Anwar saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (20/10).

Film yang sudah menembus angka di atas 100 ribu penonton dalam waktu satu hari ini pun sudah mendapat tawaran untuk diputar di beberapa festival film di luar negeri.

Tak hanya satu festival, filmPerempuan Tanah Jahanam akan diputar di beberapa festival. "Udah banyak ya, udah lebih dari 10," sambungnya seperti dilansir kapanlagi. *

loading...

Komentar