nusabali

Begini Reaksi Mertua Setelah Bintang Puspayoga Jadi Menteri

  • www.nusabali.com-begini-reaksi-mertua-setelah-bintang-puspayoga-jadi-menteri

Jero Made Puspawati mengaku terkejut bercampur senang dengan penunjukan menantunya sebagai menteri oleh Jokowi.

DENPASAR, NusaBali.com
Dua hari ‘audisi’ yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada 21-22 Oktober 2019  yang menggelisahkan masyarakat Bali, akhirnya terpecahkan saat pengumuman Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10/2019) pagi. Mendadak muncul nama I Gusti Ayu Bintang Darmawati diumumkan sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Padahal dalam dua hari ‘audisi’ tak ada nama birokrat dari Pemkot Denpasar ini yang dipanggil ke Istana ataupun masuk bursa. Bahkan isteri Menteri Koperasi UKM 2014-2019, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, baru bertolak ke Jakarta pada Rabu pagi atau  beberapa 
saat sebelum pengumuman kabinet.

Penunjukan Bintang Puspayoga mendapat atensi dari pihak keluarga. Sang ibu mertua Bintang Puspayoga, Jero Made Puspawati mengaku senang dengan penunjukan menantunya sebagai menteri oleh Jokowi.
"Ya senang ya, menantu saya bisa menjadi menteri. Sebelumnya kan anak saya (AAGN Puspayoga) jadi menteri, setelah itu sekarang istrinya," ucapnya saat ditemui di Puri Satria Denpasar, Rabu (23/10/2019).

Saat ditanya apakah sudah tahu sebelumnya terkait penunjukan tersebut, perempuan kelahiran 1933 ini mengaku belum diberi tahu. "Belum, saya belum dikasih tahu. Tahunya dari televisi setelah tadi keponakan yang bilang," ujarnya.

Ia berharap Bintang Puspayoga selalu di jalan yang benar selama mengemban jabatannya. "Ya harapannya semoga dia selalu ada di jalan yang benar selama menjabat sebagai menteri. Mampu mengemban amanah sampai tuntas," ucapnya. Ditanya pesan untuk sang menantu ia berujar akan menyampaikan langsung saat sudah bertatap muka.

Hal senada juga disampaikan kerabat Bintang Puspayoga, Cok Ngurah Bagus Agung. "Tentu selaku keluarga dan kerabat pasti senang dan bangga. Dan atas kepercayaan tersebut saya yakin beliau mampu, karena beliau pekerja keras," ucap pria yang merupakan sepupu AAGN Puspayoga ini.


Ia berharap Bintang Puspayoga mampu cepat beradaptasi dalam mengemban amanah barunya kini. "Selaku keluarga, pesannya ya agar bisa mengemban amanah pekerjaan sebagai pejabat tinggi, dalam arti menteri. Kalau sudah jadi menteri itu sudah bukan mewakili orang Bali, tapi orang Indonesia dari Bali," ungkapnya.

Bintang Puspayoga menggantikan Yohana Yembise. Selain pernah menjadi istri Menteri, Bintang juga merupakan penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM. Ia juga tercatat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Ketua Bidang II Penggerak PKK serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar OASE Kabinet Kerja.Bintang punya minat tersendiri di bidang olahraga. Ia bahkan dikenal sebagai atlet tenis meja di kalangan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) alias perkumpulan para istri menteri.

Bahkan, saking gemarnya bermain tenis meja, perempuan kelahiran, 24 November 1968 silam itu juga sempat menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali periode 2015-2019. Ia juga kerap mengikuti pertandingan eksibisi.
Pada Mei 2019, Bintang menjadi salah satu dari delapan pejabat Eselon II Pemkot Denpasar dari hasil lelang. Ia dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar.*has

loading...

Komentar