nusabali

Perayaan Bulan Bahasa di SDN 1 Karangasem

  • www.nusabali.com-perayaan-bulan-bahasa-di-sdn-1-karangasem

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem menggelar perayaan bulan bahasa dan sastra di SDN 1 Karangasem, Selasa (22/10).

AMLAPURA, NusaBali

Kegiatan diisi dengan mewarnai gambar, baca puisi, bercerita, menulis halus, membaca buku, dan yoga. Siswa lainnya yang tak ikut lomba berebut buku yang dibawa mobil perpustakaan keliling.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan I Wayan Astika menyempatkan memberikan pembinaan teknis mengelola perpustakaan dan mengajak siswa menjadi anggota baru perpustakaan. Dia berjanji akan terus mengunjungi sekolah-sekolah agar pendidikan literasi di Karangasem meningkat, diawali dari siswa SD. Sehingga siswa terbiasa membaca sebelum memulai pembelajaran, seperti yang telah diberlakukan di Kecamatan Rendang. “Bulan bahasa memberikan ruang kepada anak-anak berkreasi sesuai bakat dan hobinya, dikemas dalam suasana menyenangkan. Juga untuk meningkatkan imajinasi siswa,” jelas Wayan Astika.

Kasek SDN 1 Karangasem I Wayan Budiarsa mengapresiasi dukungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem yang telah datang memotivasi dan mengajak siswa untuk meningkatkan pendidikan literasi. Apalagi telah memberikan bimbingan tentang pengelolaan perpustakaan dan membawa dua mobil pintar, sekaligus mengajak membaca buku cerita. “Ini suasana baru bagi siswa SDN 1 Karangasem sehingga antusias membaca buku karena menemukan banyak buku bacaan yang sesuai selera siswa SD,” katanya.

Bahkan dalam pendidikan keluarga, datang instruktur yoga I Wayan Arsiawan Adi selaku orangtua siswa memberikan pelatihan dasar-dasar yoga guna menyeimbangkan otak kanan dan kiri siswa. “Saya datang untuk melatih yoga, guna meningkatkan konsentrasi belajar siswa,” kata I Wayan Arsiawan Adi. Salah satu siswa kelas VI, Ni Luh Putu Setiawati mengaku senang dapat pendidikan literasi dengan beragam kegiatan. “Jadi hobi saya tersalurkan melalui kegiatan literasi ini,” kata Setiawati. *k16

loading...

Komentar