nusabali

China Masih Penyumbang Terbesar Wisatawan ke Bali

  • www.nusabali.com-china-masih-penyumbang-terbesar-wisatawan-ke-bali

Selama periode Januari–September 2019, jumlah wisatawan China yang berlibur ke Bali menduduki peringkat pertama, disusul Australia di posisi kedua, dan India di peringkat tiga.

MANGUPURA, NusaBali

Jumlah wisatawan dari tiga negara tersebut jika ditotal, persentasenya menyentuh angka 63 persen atau hampir dua per tiga dari total wisatawan manca negara yang dilayani Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

“Hingga akhir September 2019, wisatawan asal China tercatat berjumlah 953.129 jiwa, disusul oleh wisatawan dari Australia dengan total 916.152 wisatawan. India di urutan ketiga, dengan sumbangan 274.519 wisatawan,” ujar Co General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan, Selasa (22/10) sore.

“Tiga negara tersebut tetap menjadi tulang punggung dalam menyumbang wisatawan manca negara yang berlibur ke Bali. Di urutan empat hingga sepuluh besar juga masih ditempati negara-negara tradisional, yaitu Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Prancis, Korea Selatan, Jerman, dan Malaysia. Belum ada kejutan di daftar sepuluh besar negara penyumbang wisatawan,” imbuh Rahmat Adil.

Selama periode triwulan ketiga (Juli–September) 2019 ini, jumlah kumulatif kedatangan wisatawan selama tiga bulan tersebut tercatat sebanyak 1.802.758 wisatawan. Jika dibandingkan dengan jumlah kedatangan wisatawan selama periode triwulan kedua (April–Juni) 2019 dengan jumlah 1.550.487 wisatawan, terdapat pertumbuhan kedatangan wisatawan di triwulan ketiga 2019 sebesar 16 persen.

“Pada triwulan ketiga tahun 2019 ini, yaitu selama Juli hingga September, tingkat kunjungan wisatawan dari negara yang terletak di belahan bumi bagian utara meningkat pesat. Dari 10 besar negara belahan bumi utara yang mengalami musim panas di periode tersebut, tingkat kunjungan di triwulan ketiga 2019 ini mengalami pertumbuhan hampir sebesar 30 persen dibanding dengan tingkat kunjungan di triwulan kedua 2019,” tutur Rahmat Adil. Menurut dia, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan manca negara, menunjukkan bahwa Bali masih menjadi destinasi wisata utama untuk menghabiskan libur musim panas bagi wisman. *dar

Komentar