nusabali

Erick Thohir, Wishnutama dan Bos Gojek Bersiap Jadi Menteri

  • www.nusabali.com-erick-thohir-wishnutama-dan-bos-gojek-bersiap-jadi-menteri

Tiga orang pengusaha sukses yang juga pelaku ekonomi kreatif, dari kalangan profesional dan mewakili tokoh muda, yakni Erick Thohir, Wishnutama dan Nadiem Makarim dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (21/10).

JAKARTA, NusaBali

Mereka pun bersiap untuk memperkuat kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin di masa kepemimpinan 2019-2024.  Erick Thohir memastikan siap menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia akan menjadi menteri di sektor ekonomi. "Intinya bagaimana beliau memaparkan pemikiran beliau yang memang saya rasa kita-kita semua wajib membantu dan ini juga sesuai dengan pidato beliau kemarin ini juga buat rakyat," ujar Bos Mahaka Group ini setelah bertemu dengan Presiden Jokowi, Senin kemarin.

Erick memastikan dia menerima tawaran Jokowi. Saat ditanya akan mengisi pos apa, dia hanya menyebut akan mengisi pos sektor ekonomi. "Kalau dipercaya, ya, tentu harus bersedia. Saya rasa lebih banyak di ekonomi. Di ekonomi," jelasnya. Eks Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf ini lalu menceritakan diskusinya dengan Jokowi.

Menurut Erick, Jokowi menyampaikan bahwa pada 2045 target Indonesia adalah menjadi negara maju. "Rata-rata gaji hampir Rp 30 juta, dan ini kan sudah jadi negara maju di mana GDP per tahunnya itu Rp 300 juta lebih, rata-rata gaji hampir Rp 30 juta. Dan ini kan sudah jadi negara maju. Dan tingkat kemiskinan juga waktu itu targetnya hampir mendekati 0 persen. Tapi itu kan 2045, ini kan 5 tahun," sebutnya.

"Tentu dalam 5 tahun ini kondisi dari persaingan perang dagang, ekonomi, yang banyak tetangga yang merasakan, nah ini kan perlu diantisipasi tentu yang seperti beliau sampaikan kemarin kalau hanya pelantikan di 1 titik, di 1 titik terus lama-lama akan jadi UU," imbuh Erick yang sukses saat menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) ini.

Erick pun menyebut posisinya di kabinet akan disampaikan langsung oleh Jokowi. Dia juga udah menerima map berlogo kementerian Setneg usai diwawancara di Istana. "Nanti beliau yang akan menyampaikan. Ya kalau sudah ada map-nya," tutup Erick.

Selain Erick Salah satu orang yang juga dipanggil adalah Nadiem Makarim. Bos Gojek berusia 34 tahun yang menyatakan mundur dari jabatannya ini terlihat membawa sebuah map putih saat meninggalkan Istana Kepresidenan. Map putih itu berlogo Kementerian Sekretariat Negara. Saat tiba di Istana pagi tadi, peraih gelar MBA (Master of Business Administration) dari Harvard Business School ini tak membawa map. Selain Nadiem, Wishnutama juga dipanggil Presiden Jokowi. Sama dengan Nadiem Makarim, Wishnutama juga membawa sebuah map setelah bertemu dengan Jokowi. Tapi dia tak menyebutkan apa isinya.

"Masa mau tahu isi map saya," ucap Wishnutama di Istana Kepresidenan, Senin kemarin. Namun dia memberi kisi-kisi posisi menteri yang akan dijabatnya. "Saya datang ke sini diminta presiden bantu beliau. Saya tidak bercita-cita jadi menteri tapi ini untuk kebaikan bangsa, saya bersedia," ujar Wishnutama usai bertemu Jokowi dilansir detik.com.

Wishnutama diisukan akan menjadi menteri terkait ekonomi kreatif. Hal tersebut senada dengan apa yang dibahas Jokowi dengan Creative Director opening and closing Ceremony Asian Games 2018 itu. "Tentunya akan diumumkan nanti oleh bapak presiden langsung. Kira-kira di bidang kemampuan saya lah," kata pria berusia 49 tahun ini. "Kira-kira untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia sehingga mampu bersaing di dunia Internasional, lalu soal meningkatkan devisa," lanjut pendiri NET TV ini.

Meski begitu, Wishnutama menyatakan kepastian posisinya di kabinet akan disampaikan langsung oleh Jokowi. Rencananya pelantikan akan digelar pada Rabu (23/10) mendatang. *

Komentar