nusabali

Hari Ini Dibuka Koster, Tampilkan Ritus Seni ‘Kidung Megarupa’

103 Seniman Terlibat Pameran ‘Bali Megarupa’

  • www.nusabali.com-hari-ini-dibuka-koster-tampilkan-ritus-seni-kidung-megarupa

Sebanyak 103 seniman seniman lintas rupa menggelar pameran bertajuk ‘Bali Megarupa’ di  empat tempat berbeda yakni Museum Puri Lukisan, Museum Seni Neka, Museum ARMA, dan Bentara Budaya Bali.

DENPASAR, NusaBali

Pembukaan pameran dipusatkan di Museum ARMA, Selasa (22/10) pukul 18.30 Wita. Pemeran besutan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali ini untuk membangun ruang sinergi, interaksi, dan kolaborasi yang mengakomodasi seluruh potensi seni rupa yang berkembang.

Pameran rencananya akan dibuka oleh Gubernur Bali Wayan Koster dan menampilkan Ritus Seni Tarirupabunyi ‘Kidung Megarupa’ karya Nyoman Erawan yang didukung sejumlah seniman lintasbidang.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Wayan ‘Kun’ Adnyana, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program untuk menerjemahkan visi pemajuan bidang kebudayaan –khusunya seni rupa– dalam kerangka pola pembangunan semesta berencana Provinsi Bali (Nangun Sat Kerthi Loka Bali). “Kegiatan ini sebenarnya juga menjadi harapan para seniman yang telah lama memimpikan Bali memiliki kegiatan pameran seni rupa dalam skala besar yang mendorong lahirnya karya bermutu, original, unggul, dan berkarakter serta menjadi ajang edukasi dan  apresiasi bagi publik,” katanya, Senin (21/10).

Empat kurator yakni Wayan Sujana Suklu, Warih Wisatsana, Made Susanta Dwitanaya, dan Wayan Jengki Sunarta menetapkan tema pameran: Tanah, Air, dan Ibu. Melalui tema tersebut dilakukan empat pendekatan yang mencerminkan dinamika seni rupa Bali dari tradisi hingga kontemporer yakni Hulu, Arus, Campuhan, dan Muara.

Pameran juga akan diisi dengan Diskusi Bali Megarupa bertajuk ‘Gerakan Seni Rupa Bali sebagai Seruan Kesadaran’ yang akan menghadirkan narasumber Nawa Tunggal (Jurnalis Senior),  Bambang Budjono (Budayawan), dan Dr Kun Adnyana (Perupa, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali). Diskusi ini digelar di Museum Neka, Rabu 23 Oktober 2019 pukul 14.00-selesai.

Sedangkan di Bentara Budaya Bali pada Sabtu 26 Oktober 2019 pukul 18.30-selesai akan digelar Artist Talk bertajuk ‘Lintas Media, Bebas Rupa’ yang menghadirkan narasumber Made Bayak (Perupa, musisi, aktivis); Tjandra Hutama (Fotografer, Ketua Perhimpunan Fotografer Bali); Mones (Pegrafis, mural), dan Koko (Seniman Video Art)

Pada akhir rangkaian pameran digelar workshop ‘Mengenal Garis dan Rupa-rupa Seni Rupa’ yang akan diikuti  para siswa SMP/SMA bertempat di Museum Puri Lukisan, Sabtu 9 November 2019. *isu

Komentar