nusabali

Denpasar Dapat Jatah 364 Formasi CPNS

  • www.nusabali.com-denpasar-dapat-jatah-364-formasi-cpns

Untuk jadwal resmi pendaftaran dan tahap selanjutnya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kemenpan RB

DENPASAR, NusaBali
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memberi formasi kepada Pemerintah Kota Denpasar, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 sebanyak 364 orang. Formasi terbanyak yakni tenaga pendidikan sebanyak 204 orang.

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara yang juga selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) CPNS Pemkot Denpasar melakukan pembukaan berkas formasi CPNS Tahun 2019 dari Kemenpan RB RI di Ruang Rapat Sekda, Senin (21/10) pagi.  

Dari total 364 formasi yang dibuka, masing-masing 43 formasi tenaga kesehatan, 117 formasi tenaga teknis, dan 204 formasi tenaga pendidikan.  "Kami hari ini membuka dan mengumumkan jumlah formasi dari Kemenpan RB yang ditetapkan dengan Nomor: 812 Tahun 2019 tentang Penetapan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar Tahun Anggaran 2019. Ditentukanlah sebanyak 364 formasi dari yang kita ajukan 459 formasi. Ini belum pendaftaran, baru pengumuman saja," kata Rai Iswara didampingi pejabat OPD lainnya.

Dikatakan, dengan resminya keluar formasi lowongan CPNS yang akan diterima, pihaknya akan melakukan seleksi dengan transparan dan terbuka sehingga pelaksanaan proses seleksi dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku. “Tentunya seluruh informasi dapat ditanyakan langsung ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, sehingga informasi yang didapat masyarakat benar dan sesuai dengan aturan,” katanya.

Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana, menjelaskan pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2019 ini baru penetapan jumlah formasi. Untuk jadwal resmi pendaftaran dan tahap selanjutnya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kemenpan RB serta dasar hukum Permenpan RB. “Saat ini kami hanya mengumumkan formasi sesuai dengan Surat Kemenpan RB dan untuk tahapan selanjutnya akan diumumkan kembali setelah ada juknis dan dasar hukum Permenpan RB,” ujar Sudiana.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa formasi CPNS Tahun 2019 ini akan dibagi dua yakni Formasi Umum dan Formasi Khusus. Dimana Formasi Khusus diperuntukkan untuk lulusan terbaik, diaspora, anak-anak Papua, dan disabilitas. “Nantinya formasi ini ditentukan Pemerintah Pusat,” ujarnya Sudiana didampingi Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Denpasar Komang Lestari Kusuma Dewi dan Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai.

Sementara itu, untuk jadwal pembukaan lowongan diperkirakan akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2019, pendaftaran dimulai awal bulan November 2019, seleksi administrasi dan pengumuman administrasi diprediksi pada Desember 2019. Setelah itu juga ada masa sanggah hingga Januari 2020 dimana peserta bisa melakukan penyanggahan apabila tidak lulus administrasi. "Kalau dari Kemenpan RB inginnya serentak 25 Oktober 2019 ini. Tetapi kembali lagi kesiapan dari masing-masing daerah. Kalau untuk tes SKD dan SKB sekitar bulan Februari sampai Juni 2020," imbuhnya. *mis

Komentar