nusabali

Angin Kencang, Pohon Tumbang Tutup Jalan di Petang

  • www.nusabali.com-angin-kencang-pohon-tumbang-tutup-jalan-di-petang

Proses evakuasi pohon yang melintang di jalan di Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, memerlukan waktu sekitar 1 jam.

MANGUPURA, NusaBali

Angin kencang yang menerjang kawasan Desa/Kecamatan Petang pada Senin (21/10) sekitar pukul 09.35 Wita, mengakibatkan sebatang pohon tumbang. Tumbangnya pohon sempat menututup akses jalan menuju dan dari Desa Belok Sidan.

Pohon dengan diameter 80 cm dan tinggi 15 meter akhirnya berhasil dipangkas oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung. Petugas turun ke lokasi sekitar pukul 09.45 Wita, setelah menerima informasi dari warga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung dr Ni Nyoman Ermy Setiari, mengatakan penanganan pohon tumbang berjalan dengan cepat. Penanganan melibatkan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung serta dibantu oleh masyarakat setempat.

“Setelah menerima informasi terjadi pohon tumbang, petugas dari TRC Pos Petang bergerak ke lokasi dan tiba pada pukul 10.12 Wita. Sekitar 1 jam dilakukan penanganan, akses jalan sudah normal,” katanya.

Menurut Ermy Setiari, tumbangnya pohon disebabkan oleh angin kencang yang terjadi di kawasan tersebut. “Tapi syukurlah tidak ada menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka,” ucapnya.

Lantaran sebentar lagi masuk musim penghujan, BPBD mengimbau supaya masyarakat waspada potensi terjadi angin kencang, pohon tumbang, maupun longsor. Pihaknya meminta agar masyarakat segera melaporkan kepada petugas bila terjadi bencana di lingkungan tempat tinggalnya.

Sebelumnya diberitakan, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan musim hujan akan terjadi para November – Desember 2019. BBMKG pun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi angin puting beliung pada saat peralihan musim. Sebab, pada masa peralihan musim biasanya terjadi perubahan kecepatan angin dan juga arah angin.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman, Minggu (20/10), mengatakan prakiraan musim hujan di Bali akan terjadi pada rentang waktu November – Desember 2019. “Ada beberapa wilayah yang masuk musim hujan pada bulan November 2019, ada juga bulan Desember 2019,” katanya.

Lantaran musim hujan semakin dekat, masyarakat diminta mewaspadai adanya beberapa potensi yang ditimbulkan saat masa peralihan. Seperti terjadinya angin puting beliung.

“Pada saat musim peralihan biasanya terjadi perubahan kecepatan angin dan juga arah angin. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu fenomena ekstrem seperti adanya angin puting beliung, sehingga masyarakat harus waspada,” kata Iman Fatchurochman. *asa

loading...

Komentar