nusabali

Juara Lomba Mapel Tingkat SD Dibagi Rata

  • www.nusabali.com-juara-lomba-mapel-tingkat-sd-dibagi-rata

Gelar juara lomba mata pelajaran tingkat SD berasal dari empat desa di SMPN 3 Manggis, Jalan Andakasa, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Sabtu (19/10), terbagi rata.

AMLAPURA, NusaBali

Dari empat nomor lomba, keempatnya dimenangkan dari sekolah berbeda, penyerahan hadiah digelar Senin (21/10).

Dari empat nomor lomba, terjadi persaingan ketat dalam hal perolehan skor, karena secara kualitas seluruh peserta bersaing. Peserta lomba dari empat desa: Desa Gegelang, Desa Antiga, Desa Antiga Kelod, dan Desa Padangbai. Sebab, empat desa itulah sebagai penyangga SMPN 3 Manggis, yang selama ini sekolah di sana.

Bertindak sebagai Ketua Panitia I Wayan Kadiartama, dan di bawah koordinator Kasek SMPN 3 Manggis Ni Wayan Sutarmi.

Lomba digelar dalam kaitan bulan bahasa, juga untuk meningkatkan pengetahuan siswa bidang literasi serta memetakan mutu pendidikan di Kecamatan Banggis bagian barat. Empat nomor lomba itu, mata pelajaran Matematika, IPA, IPS dan baca puisi.

Nomor Matematika dimenangkan siswa Muhamad Alfarishi, dari SDN 2 Padangbai dengan skor 55, mengungguli juara II Ni Kadek Sasya Jasmanine dari SDN 1 Antiga skor 48,48,33, dan juara III Ni Kadek Dwina Ayu Argianti dari SDN 2 Antiga skor 46,66.

Nomor IPA dimenangkan I Nyoman Wiadnyana dari SDN 3 Gegelang skor 60, juara II Ni Putu Angel Nadia Putri dari SDN 3 Antiga skor 43,33, dan juara III Ni Wayan Adinda Praptayani dari SDN 2 Padangbai skor 40.

Sedangkan di nomor IPS dimenangkan, I Ketut Dodyk Arya Sugiratmaja dari SDN 3 Antiga skor 43,33, juara II Ni Luh Sanjanu Putri dari SDN 4 Antiga skor 38,66, dan juara III I Komang Kadek Kori dari SDN 4 Gegelang skor 36,66.

Untuk nomor lomba baca puisi, juaranya Ni Kadek Eka Santi dari SDN 4 Antiga Kelod, skor 247, juara II Ni Kadek Witayanti dari SDN 6 Gegelang skor 245, dan juara III Ni Komang Ayu Septiani dari SDN 2 Antiga Kelod skor 238. “Ini lomba untuk mengetahui peta mutu pendidikan di empat desa, disinkrunkan bulan bahasa,” kata Ni Wayan Sutarmi.

Lomba tersebut juga berkaitan untuk meningkatkan literasi siswa, agar lebih rajin membaca, sebab dengan membaca pengetahuan dan wawasan bertambah luas. Kasek SDN 1 Antiga Kelod, Kecamatan Manggis Ni Komang Yuli Setyawati mengapresiasi kegiatan itu, sehingga siswa lebih termotivasi belajar. Terutama yang berbakat bidang baca puisi, belajar baca puisi, otomatis pendidikan literasi bisa jalan. “Tahun depan saya akan ikut lomba lagi,” katanya.

Di bagian lain Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika, juga mengapresiasi kegiatan tersebut dengan menggelar lomba melibatkan siswa SD di sekitarnya, setidaknya siswa mendapatkan pengalaman lomba dan mutu pendidikan bisa dipetakan. “Ini awal yang baik, sebagai inovasi yang dilakukan SMPN 3 Manggis,” katanya. *k16

loading...

Komentar