nusabali

KESEHATAN: Energi Kehangatan dari Jahe

  • www.nusabali.com-kesehatan-energi-kehangatan-dari-jahe

Agar manfaat sarapan, terutama dalam mendongkrak energi dan semangat lebih besar lagi, jangan lupa menyertakan minuman jahe dalam menu sarapan.

Jahe termasuk dalam tanaman rimpang yang sudah terkenal khasiatnya, mulai dari mengatasi mual hingga mengurangi nyeri otot. Aromanya yang khas, membuat minuman dan makanan yang ditambahkan jahe menjadi lebih istimewa. Selain sebagai teman minum teh, bisa juga memasukkan jahe dalam minuman lain untuk membangkitkan semangat sepanjang hari.

1. Jahe dan kopi. Minuman kopi dan jahe bisa menjadi duet pelawan radikal bebas yang kuat, terutama karena kopi termasuk sumber antioksidan yang baik. Manfaat lainnya adalah mengatasi masalah pencernaan di pagi hari. Racikan minuman penambah semangat dan antioksidan ini bisa berupa satu sendok teh jahe bubuk ke dalam cangkir kopi.

2. Teh jahe. Teh jahe sudah sangat populer sebagai minuman penghangat untuk pagi hari. Bukan cuma menenangkan perut yang sedang bermasalah, teh jahe juga mengandung vitamin C dan dapat mengurangi nyeri menstruasi.

3. Selai jahe. Di kulkas mungkin ada beragam selai buah-buahan, tapi jarang orang menyimpan selai jahe. Meski rasanya cukup tajam, selai jahe bisa menjadi teman makan biskuit atau roti yang enak. Bisa juga menjadikan selai jahe sebagai variasi saat mengonsumsi pancakes atau waffle.

4. Tambahkan jahe dalam smoothie. Bosan dengan campuran smoothie yang itu-itu saja? Coba tambahkan jahe dalam smoothie atau protein shake. Manfaatnya bagi tubuh akan lebih berlipat ganda karena tambahan jahe dapat meningkatkan metabolisme hingga melawan bakteri.

Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja. Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah.

Saat memilih jahe terutama jika ingin digunakan untuk pengobatan, pilih yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur. Jahe segar memiliki rasa lebih kuat jika dibandingkan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar. Untuk memanfaatkan jahe segar, campur jahe dengan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothies atau jus.

Namun jika memilih jahe dalam bentuk bubuk, pastikan memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran biasanya mengandung tambahan gula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di tempat kering, gelap, serta tidak pengap atau panas. *

loading...

Komentar