nusabali

November Potensial Hujan, BPBD Tabanan Siaga

  • www.nusabali.com-november-potensial-hujan-bpbd-tabanan-siaga

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan mengumpulkan seluruh Tim Reaksi Cepat (TRC) di areal Musem Subak, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Jumat (18/10).

TABANAN, NusaBali

TRC dikumpulkan untuk diminta siaga menangani longsor. Sebab November nanti diprediksi potensial turun hujan.  Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Sucita mengatakan tidak ada pembicaraan serius yang dilakukan. Hanya saja meminta kepada tim untuk tetap siaga dan waspada ketika terjadi kejadian longsor. Khususnya di November diprediksi turun hujan. "Tidak ada pembicaraan serius, sekedar ngobrol santai dengan TRC untuk kesiapsiagaan musim hujan yang diprediksi bulan November," ujarnya.

Dikatakan, dalam membantu penanganan kebencanaan, relawan yang ada di tiap kecamatan diminta ikut siaga. Dia mengaku sudah mengirim surat kepada relawan untuk ikut sama-sama berpartisipasi dalam mengatasi kebencaaan. "Di kecamatan sudah ada relawan yang siap ikut membantu dalam penanganan kebencanaan," katanya.

Terkait sarana prasarana pendukung penanganan bencana seperti alat berat, BPBD telah siaga dengan alat berat. Bahkan telah bersurat pada OPD terkait seperti dinas PU untuk menyiapkan alat berat. "Kami sudah minta untuk stand by terkait alat berat sehingga kalau dibutuhkan bisa langsung dibantu," terangnya.

Tentang ancaman bencana tanah longsor, Sucita mengatakan, dari data BPBD setidaknya ada sejumlah wilayah yang berpotensi seperti Baturiti, Penebel dan Pupuan. Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat juga tetap meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir adanya korban jiwa. "Kami tentu tidak berharap sampai terjadi bencana, tetapi paling tidak lebih meningkatkan kewaspadaan," tandasnya. *des

loading...

Komentar