nusabali

Pentas Budaya Meriahkan Peringatan HAI 2019

  • www.nusabali.com-pentas-budaya-meriahkan-peringatan-hai-2019

Pelbagai pentas seni dan budaya mewarnai peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) se Kabupaten Gianyar, di  Balai Budaya Gianyar, Jumat (18/10).

GIANYAR, NusaBali

Mulai dari tarian, sosiodrama, story telling, hingga parade riasan pengantin inovatif.  Ragam seni budaya itu sesuai tema peringatan HAI 2019 ‘Melalui Hari Aksara Internasional, Kita Tingkatkan Literasi masyarakat dan ragam Budaya Lokal’. Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra mengatakan, tantangan literasi ke depan tidak saja kemampuan baca, tulis dan hitung. Namun literasi berlandaskan budaya luhur, saling menghargai, menyebarkan kebaikan, dan kritis dalam setiap menerima informasi. "Kita sebagai masyarakat dunia penting untuk melek aksara," ujarnya.

Kata dia, melalui HAI mengingatkan betapa perlunya upaya pemberantasan buta aksara. Pemberantasan ini merupakan program nasional yang memberikan ruang pada pada seluruh bangsa Indonesia untuk melek huruf. Karena setiap masyarakat memiliki kemampuan dasar untuk membaca, menulis dan menghitung adalah merupakan kemampuan dasar yang merupakan fundamen yang sangat kuat untuk mewujudkan penuntasan Wajar Diknas Sembilan Tahun.

Ditambahkan, pelaksanaan kegiatan HAI tahun ini menyasar satuan Pendidikan non formal, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), serta Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) se- Kabupaten Gianyar dengan sasaran substansial adalah peserta didik Paket A, Paket B dan Paket C di seluruh pengelola PKBM dan satuan pendidikan non formal. Kegiatan HAI ini diharapkan dapat mengingatkan masyarakat menyadari pentingnya melek aksara, sekaligus memberikan motivasi yang sangat kuat pada masyarakat untuk lebih memahami dn melek aksara.

Pertunjukan tarian, story telling dipersembahkan oleh LKP Babaji Ubud, sosiodrama drama oleh gabungan unsur gabungan PKBM se-Kabupaten Gianyar dan parade riasan pengantin inovasi dipersembahkankan oleh LKP Dewi dari Desa Mas, Ubud.

Sambutan Bupati Gianyar dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Gianyar, I Wayan Sudamia, mengatakan sesuai dengan tema HAI 2019, dimana melalui HAI kita tingkatkan literasi masyarakat dan ragm buday lokl. Dimana tema ini dilatar belakangi perlunya perhatian dalm menciptakan masyarakat yang berbudaya, mengingat bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat kaya akan ragam budaya. Dia juga menekankan bahwa pola pendidikan yang berkualitas bisa didapat dari keluarga, sekolah maupun pendidikan non formal di masyarakat. *nvi

Komentar