nusabali

RTH Taman Baca Mulai Digarap

  • www.nusabali.com-rth-taman-baca-mulai-digarap

Pembangunan tahap pertama yang menggunakan lokasi eks Bank BPU ditarget selesai pada Desember mendatang.

SINGARAJA, NusaBali

Lahan eks Bank Perniagaan Umum (BPU) yang sudah dihibahkan ke Pemkab Buleleng mulai dimatangkan. Pekerja proyek sudah mulai melakukan aktivitas untuk pembangunan tahap awal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Baca, pada Jumat (18/10/2019). Proyek pematangan lahan itu ditarget sudah selesai pada hari ke-60 kalender, terhitung sejak tanggal 10 Oktober lalu.

Sejumlah pekerja dari CV Perdana Niaga, sudah mulai melakukan perataan lahan. Bahkan satu unit alat berat diturunkan untuk merobohkan gedung eks BPU yang sudah lapuk dan keropos. Galian di pinggir lahan seluas sepuluh are itu juga sudah dipersiapkan untuk membangun dasaran pinggir bangunan. Proyek pematangan lahan dan pembuatan senderan pinggir lahan di simpang tiga Jalan Gajah Mada dan Letkol Wisnu, Kelurahan Banjar Jawa dikerjakan dengan anggaran Rp 192.915.000.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng, Ni Nyoman Surattini, Jumat (18/10/2019), menjelaskan proyek itu diharapkan sudah selesai menjelang tutup tahun bulan Desember mendatang. Di tahap pertama pembanguann RTH Taman Baca itu masih sebatas pematangan lahan dan pembuatan dasaran beton di pinggir lahan. Selanjutnya proyek akan dilanjutkan pada 2020 mendatang, dengan estimasi anggaran yang masih diperlukan berkisar Rp 1,5 miliar.

Lahan itu nantinya akan disulap menjadi ruang terbuka hijau dengan taman yang cantik dan dilengkapi dengan spot-spot dan tempat duduk untuk membaca.

“Nanti konsepnya seperti taman baca, terbuka dan ada beberapa tempat duduk yang bisa dipakai mengerjakan tugas membaca, nanti kedepannya akan disiapkan wiffi gratis sehingga anak-anak muda bisa mengerjakan atau membaca online disana,” jelas Surattini.

Dirinya pun menegaskan jika konsepnya lebih ke modern, taman baca yang dapat menjadi tempat mengakses informasi maupun perpustakaan online. Sementara itu pembangunan bangunan diatas lahan masih dalam kajian di pembangunan tahap kedua di tahun 2020.*k23

loading...

Komentar