nusabali

Erick Thohir: Semoga yang Berkeringat Terpilih

Demokrat Siap jika Diminta Masuk Kabinet

  • www.nusabali.com-erick-thohir-semoga-yang-berkeringat-terpilih

Joko Widodo (Jokowi) segera mengumumkan susunan kabinetnya dalam waktu dekat usai dilantik sebagai presiden periode 2019-2024.

JAKARTA, NusaBali

Eks Ketua TKN Erick Thohir berharap Jokowi memilih orang-orang yang berjuang memenangkannya. "Saya selalu bilang, siapa pun yang terpilih saya berharap orang-orang yang berkeringat kemarin dan yang penting punya track record yang baik," kata Erick seusai bertemu Seskab Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Erick berbicara tantangan yang mesti dihadapi Indonesia, khususnya masalah perekonomian global. Ia berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terpengaruh perang dagang antara AS dengan China. "Saya kembali ke ekonomi karena sekarang eranya sedang perang ekonomi. Nah ini yang menurut saya jangan sampai kita pertumbuhan ekonomi yang sekarang sudah 5% dan bukan nggak mungkin terkoreksi dengan perang dagang," ucap Erick. Berbicara mengenai tantangan Indonesia, apakah Erick siap masuk ke kabinet Jokowi? "Belum ada (panggilan). Kita lihat yang dekat dulu," pungkasnya.

Sementara itu, sebagai salah satu partai oposisi yang diisukan bakal merapat dan mendapat kursi menteri, Partai Demokrat menyerahkan penyusunan kabinet itu ke Jokowi.

"Iya kalau kita sih pada dasarnya, ini (penyusunan kabinet) kan hak prerogatif presiden. Kita tidak banyak... kita hanya menyerahkan sepenuhnya kepada presidenlah. Hak prerogatif presiden itu nggak bisa diikutcampuri," kata Waketum Demokrat Syarief Hasan kepada wartawan, Kamis (17/10).

Syarief menyebut Demokrat pada dasarnya siap apabila diminta masuk kabinet. Namun dia memastikan Demokrat akan menghormati apa pun keputusan Jokowi. "Iya pokoknya begini, tergantung presidenlah. Kalau presiden minta Demokrat, ya kita siap, ya kan. Pokoknya apa punlah, kita nggak ikut-ikut mencampuri urusan hak prerogatif presiden. Kita hormati semuanya," ujar Wakil Ketua MPR RI itu, seperti dilansir detikcom. *

Komentar