nusabali

Bupati Salurkan 30.000 Liter Air

  • www.nusabali.com-bupati-salurkan-30000-liter-air

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menyalurkan bantuan air bersih ke Banjar Dalem dan Banjar Padangsari, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Karangasem, Rabu (16/10) siang.

AMLAPURA, NusaBali

Masing-masing banjar dibantu 15.000 liter menggunakan 6 mobil tangki. Total bantuan air yang disalurkan sebanyak 30.000 liter. Hadir Camat Kubu Nyoman  Suratika dan Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Bupati Mas Sumatri mengingatkan warga yang kesulitan air bersih agar mengusulkan bantuan direkomendasi kelian banjar dan perbekel ke pemerintah. “Dinas Sosial, BPBD, dan Perumda Tirta Tohlangkir punya mobil tangki. Bisa juga bersinergi dengan PMI Karangasem yang juga punya mobil tangki,” katanya. Sehingga kesulitan warga lebih cepat tertangani. “Bantuan itu untuk memasak, mandi, dan mencuci. Adanya bantuan air bisa meringankan beban masyarakat kurang mampu,” imbuhnya.

Perbekel Desa Tianyar Tengah, I Ketut Ada mengatakan, bantuan air yang disalurkan langsung Bupati Mas Sumatri sangat membantu kesusahan warga di Banjar Dalem dan Banjar Padangsari. “Selama ini warga membeli air per mobil tangki Rp 400.000 hingga Rp 450.000. Itu pun isinya tidak penuh 5.000 liter,” kata Ketut Ada. Adanya bantuan dari Pemkab Karangasem dapat mengurangi beban masyarakat. Sebab di Banjar Dalem dan Banjar Padangsari tidak ada mata air. Hanya mengandalkan membeli air atau menunggu hujan turun.

Tiap tahun kesulitan air, biasanya selama empat bulan, Agustus hingga November. Begitu hujan turun, cubang-cubang warga telah terisi air, otomatis kesulitan air teratasi. Banjar Dalem dengan penduduk 1.015 jiwa dan Banjar Padangsari dengan penduduk 496 jiwa. Secara umum di Desa Tianyar Tengah dengan penduduk 11.547 jiwa rata-rata kesulitan air bersih. *k16

loading...

Komentar