nusabali

Pemkab Motivasi Krama Muntig Bangun Kembali Pura Puseh

  • www.nusabali.com-pemkab-motivasi-krama-muntig-bangun-kembali-pura-puseh

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri memotivasi krama Desa Ada Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem membangun kembali Pura Puseh pasca terbakar, Selasa (15/10).

AMLAPURA, NusaBali

Apalagi ada rencana menggelar karya agung pada November 2020 nanti. Bupati menyempatkan berdiskusi dengan krama di bale pelataran Pura Puseh. Bendesa Adat Muntig Jro Mangku Puspa mengapresiasi dukungan Pemkab Karangasem untuk membangun kembali Pura Puseh.

Bupati Mas Sumatri mengingatkan krama Desa Adat Muntig menggelar paruman. Disepakati menyusun RAB (rencana anggaran biaya) untuk membangun kembali Bale Agung ukuran 24 x 3 meter, Bale Panggungan ukuran 18 x 6 meter, Bale Pegat ukuran 12 x 2 meter, lima jempana linggih pratima Ida Bhatara, dan mengganti seluruh wastra (pangangge) yang habis terbakar. Pemkab Karangasem siap merekomendasi dan menjembatani bantuan ke Pemprov Bali. “Ini kan musibah, pemerintah berupaya membantu. Kerugiannya sekitar Rp 2,5 miliar, maka diusulkan ke Provinsi Bali,” jelas Bupati Mas Sumatri.

Bupati juga mengingatkan krama lebih berhati-hati dan melakukan antisipasi agar musibah tak kembali terulang. Camat Kubu Nyoman Suratika berjanji membantu krama Desa Adat Muntig memberikan pendampingan dalam mengaudit kerugian, menyusun RAB, dan membuat proposal. Bendesa Adat Muntig, Jro Mangku Puspa memaparkan, ada rencana menggelar karya agung di Pura Puseh pada November 2020 nanti. Mengingat di jaba Pura Puseh terbakar, berharap bantuan Pemkab Karangasem. “Harapan kami, agar pembangunan kembali Bale Agung, Bale Panggungan, Bale Pegat dan lima jempana tuntas dikerjakan sebelum karya nanti,” pinta Jro Mangku Puspa.

Usai dialog, rombongan Pemkab Karangasem meninjau di sekeliling Pura Puseh. Kebakaran itu terjadi diduga disebabkan adanya ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang sering makemit di jaba Pura Puseh berbekal korek api. Setelah api berkobar hebat, baru diketahui warga yang kebetulan melintas. Saat itu warga setempat, I Nyoman Bendesa kebetulan melintas. Dia melihat api berkobar membakar Bale Agung, Bale Panggungan dan Bale Pegat, di jabaan Pura Puseh. Selanjutnya I Nyoman Bendesa menyampaikan kepada Bendesa Adat Muntig Jro Mangku Puspa. Mangku Puspa meneruskan kejadian itu ke Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Abang. Pagi itu petugas berkekuatan 19 orang dengan mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran bergerak menuju Banjar Muntig, sekitar 20 kilometer dari Kantor Camat Abang. *k16

Komentar