nusabali

Nelayan Tabanan Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan Senilai Rp 183 Juta

  • www.nusabali.com-nelayan-tabanan-terima-bantuan-alat-tangkap-ikan-senilai-rp-183-juta

Delapan kelompok usaha bersama (KUB) nelayan Tabanan mendapat bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan senilai Rp 183 juta.

TABANAN, NusaBali

Bantuan tersebut berupa hibah oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan lewat anggaran APBD 2019.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan AA Raka Icwara mengatakan bantuan sudah diserahkan, Selasa (15/10), kepada delapan KUB nelayan di Tabanan. Bantuan berupa 80 buah jaring dan 24 set pancing dengan nilai kontrak pengadaan sebesar Rp 183 juta. “Ini kami berikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan,” ujarnya, Rabu (16/10).

Dikatakannya, bantuan sengaja yang bersifat ramah lingkungan. Sebab ini merupakan salah satu cara memotivasi dan mengajak nelayan untuk tetap menangkap ikan dengan cara ramah lingkungan demi kelestarian ekosistem laut. “Kami berharap nelayan bisa memanfaatkan bantuan ini dengan baik dan menjadi percontohan, serta mengajak nelayan yang lain untuk selalu menangkap ikan dengan alat ramah lingkungan,” harap Raka Icwara.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan dan Kelautan Tabanan I Gede Bogorada, mengatakan bantuan yang didapat oleh delapan KUB nelayan atas ide dan usulan masyarakat melalui forum Musdes dan Muscam di masing-masing desa dan kecamatan. Lalu usulan itu disaring dan diverifikasi, kemudian diusulkan dalam rencana kerja Dinas Perikanan dan Kelautan dengan tetap memperhatikan skala prioritas.  “KUB yang belum mendapatkan harap bersabar karena usulan tetap dilakukan setiap tahun,” ucapnya.

Adapun delapan KUB nelayan yang mendapatkan bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan berupa jaring adalah KUB Sari Merta Segara, Desa Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri; KUB Darma Murti, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan; KUB Darma Murti III Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan; KUB Merta Sedana, Desa Penarukan, Kecamatan Kerambitan; KUB Segara Taman II, Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur; KUB Sari Soka Segara, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg; KUB Bakti Rahayu, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg; dan KUB Balian Segara, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat. Masing-masing mendapat 10 jaring dan 3 set pancing. *des

loading...

Komentar