nusabali

Ibu Negara Kunjungi Perajin Tenun Ikat di Denpasar

Selly Mantra Perkenalkan Kain Endek dengan Motif Khas

  • www.nusabali.com-ibu-negara-kunjungi-perajin-tenun-ikat-di-denpasar

Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo bersama jajaran ibu-ibu Menteri Kabinet Kerja dalam agenda kunjungan kerjanya di Provinsi Bali melaksanakan beragam kegiatan.

DENPASAR, NusaBali

Salah satu agendanya yakni mengunjungi Perajin Tenun Ikat Sekar Jepun di Kota Denpasar pada Selasa (15/10). Kunjungan Ibu Negara tersebut diterima Ketua TP PKK Kota Denpasar yang juga Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny Selly Dharmawijaya Mantra. Dalam kesempatan tersebut, rombongan Ibu Iriana Joko Widodo yang didampingi para Istri Menteri Kabinet Kerja termasuk Ny Bintang Puspayoga dan Ny Putri Koster mengamati kain endek hasil produksi Sekar Jepun yang merupakan kerajinan Tenun Ikat Khas Kota Denpasar serta melihat langsung proses pembuatan kain yang dipopulerkan kembali oleh Pemkot Denpasar ini.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Selly Mantra pun turut memperkanalkan satu persatu hasil karya perajin Kota Denpasar. Selly Mantra mengatakan bahwa merupakan suatu kebanggaan perajin di Kota Denpasar mendapat kunjungan langsung dari ibu negara. Tentunya hal ini menjadi pemacu semangat bagi perajin untuk terus memaksimal dalam menghasilkan kerajinan tenun kain ikat. “Tentu ini merupakan suatu kebanggan dan semangat bagi perajin di Kota Denpasar untuk terus maksimal dalam berkarya,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Sekar Jepun ini merupakan perajin Denpasar yang memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan perajin lainya. Bahkan dengan inovasinya perajin dapat memadukan dua jenis motif dalam selembar kain. Endek khas Denpasar memiliki corak khas yang pembuatanya menggunakan handmade dengan cara menenun. Coraknya pun khas, dengan motif bunga, daun, hewan, patra, mastuli dan lain sebagainya yang simpel dan elegen digunakan dalam kegiatan apapun.

“Kedepanya kami akan terus memberikan dukungan terhadap perkembangan perajin dan UMKM, hal ini telah dilaksanakan dengan penyediaan ruang promosi melalui Rumah Kemasan, serta memperkenalkan produk kerajinan Denpasar pada ajang begengsi seperti Denpasar Festival Kriyanusa dan Inacraft,” paparnya.

Pemilik Tenun Ikat Sekar Jepun, Etmy Kustiyah Sukarsa  mengaku senang dan berterimakasih atas kunjungan Ibu Negara di Sentra Tenun Ikat Sekar Jepun. Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggan serta menjadi motivasi untuk terus berkarya dan menghasilkan kerajinan yang baik dan berkualitas “Terimakasih atas kunjungannya dan semoga kedepanya kami dapat terus berkarya dan memberikan hasil kerajinan terbaik,” ujarnya. *mis

Komentar