nusabali

Raih WTP Lima Kali Berturut, Jembrana Terima Penghargaan

  • www.nusabali.com-raih-wtp-lima-kali-berturut-jembrana-terima-penghargaan

Keberhasilan Pemkab Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati Jembrana I Putu Artha meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut sejak 2015, mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

NEGARA, NusaBali
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Bali  Tri Budhianto kepada Bupati Artha di ruang rapat bupati, Senin (14/10). Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Singaraja Jordan, Kepala Bappeda dan Litbang Jembrana I Ketut  Swijana, Kepala Inspektur Ni Wayan Koriani, serta beberapa pimpinan OPD penerima DAK pusat.

Menurut Tri Budhianto, penghargaan dari Kemenkeu ini sebagai apresiasi kepada pemda yang berhasil mempertahankan predikat WTP berturut-turut. Hal ini sekaligus membuktikan kepada masyarakat, bahwa pengelolaan keuangan di daerah yang menerima penghargaan, sudah berjalan dengan baik.

“Saya ucapkan selamat sekaligus apresiasi kepada Kabupaten Jembrana atas opini WTP kelima kalinya. Artinya, berbagai  kriteria sudah dipenuhi Jembrana dan sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. Di antaranya kepatuhan terhadap regulasinya, peran APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah), juga kewajaran kecukupan pelaporan. Ini modal yang sangat baik untuk Jembrana. Harapan kami, masyarakatnya bisa tahu bahwa APBD Jembrana dikelola baik,” ujarnya.

Terkait capaian opini WTP lima kali berturut-turut ini, pemerintah pusat berencana memberikan reward bonus. Bonus itu akan turun dalam bentuk transfer dana insentif daerah (DID) dengan nilai mencapai Rp 75 miliar. “Ada beberapa kriteria untuk mendapat DID ini. Salah satunya pencapaian opini WTP. Namun, ada kriteria lainnya juga yang harus dipenuhi. Di antaranya capaian pertumbuhan, sosial ekonomi, langkah-langkah pengurangan kemiskinan, indikator ekonomi, IPM (indeks pembangunan manusia), serta program-program di bidang pendidikan. Nah, Jembrana saya lihat sudah bagus. Serapan dana desa juga cukup tinggi.  Hasilnya nanti bisa lihat di APBD 2020,” ucapnya.

Bupati Artha merasa sangat bangga atas prestasi dan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat. Menurutnya, hal ini bisa terwujud lewat upaya dan kerja keras dari semua komponen. “Terima kasih saya sampaikan atas kerja keras dan koordinasi yang saling mendukung antar-OPD. Kita patut berbangga. Tapi ingat prestasi harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Atas reward yang dijanjikan pemerintah pusat, dia sangat bersyukur. Artinya dengan PAD yang tidak begitu besar, reward yang diberikan nanti akan sangat bermanfaat untuk pembangunan Jembrana. Kepada pimpinan OPD yang menerima anggaran dari pemerintah pusat, pihaknya mengharapkan agar lebih tanggap dan sigap. Khususnya dalam menyajikan laporan serta mengeksekusi program, agar bantuan yang diberikan tidak sia-sia dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. *

Komentar