nusabali

Jokowi: Jangan Dipakai untuk Fitnah-Fake News

Resmikan 'Tol Langit'

  • www.nusabali.com-jokowi-jangan-dipakai-untuk-fitnah-fake-news

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

JAKARTA, NusaBali

Hal ini menandakan bahwa 514 Kota dan Kabupaten di Indonesia sudah terhubung dengan koneksi internet kecepatan tinggi atau biasa disebut 'tol langit'.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan Palapa Ring yang menghubungkan 514 Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

Dia menguraikan dalam sambutannya bahwa pembangunan Palapa Ring untuk Indonesia bagian Barat sebetulnya sudah rampung sejak tahun lalu. Kemudian, disusul pada awal tahun ini, Palapa Ring di Indonesia Tengah juga sudah selesai dan Indonesia Timur pada Agustus lalu.

"Yang ingin saya sampaikan, Dunia telah berubah dari era analog ke era digital, dan teknologi digital sekarang sudah menerobos batasan jarak dan waktu, pengiriman informasi bisa dilakukan dengan cepat," kata Jokowi seperti dilansir dari  vivanews.

Jokowi juga berpesan kepada masyarakat agar makin bijak dalam menggunakan media sosial.

"Agar bisa kompetitif, perkembangan teknologi digital tidak boleh disalahgunakan, ujaran kebencian tidak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah nggak, untuk hoax nggak, untuk fake news nggak," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Fitnah hingga hoax di media sosial, kata Jokowi, harus dicegah. Jokowi berharap supaya akses internet tidak disalahgunakan untuk kejahatan siber.

"Ini yang harus dicegah. Saling menjelekkan, saling mencela di media sosial harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber dan kejahatan lain agar tidak semakin berkembang di negara kita," ujarnya.

Dia menegaskan bahwa, melalui teknologi digital dan big data analytic akan mempermudah pekerjaan masyarakat untuk mengumpulkan data dan informasi. Hal itu kini bisa dikumpulkan melalui internet of things mulai dari smartphone hingga terhubung dengan smartoffice.

"Kalau ada jalan tol darat, ini ada tol langit. Kita ingin ini bisa berguna bagi sektor ekonomi, budaya, politik dan pemerintahan kita karena ini dari Sabang sampai Merauke, agar bisa saling mengenal," kata Jokowi.

Jokowi menekankan, persatuan Indonesia harus terus dijalin, pendidikan diperbaiki dan fasilitas ini bisa mempercepat penguatan perdagangan Indonesia khususnya UMKM ke pasar nasional bahkan internasional.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan Video Conference antara Pemerintah Pusat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dengan beberapa Pemerintah Daerah seperti Sabang, Sorong, Rote Ndao, Penajam Paser Utara dan Merauke. *

Komentar