nusabali

Karangasem World Music Festival untuk Gairahkan Pariwisata

  • www.nusabali.com-karangasem-world-music-festival-untuk-gairahkan-pariwisata

Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata Prof Dr I Gede Pitana membuka Karangasem World Music Festival 2019 di Puri Gede Karangasem Jalan Sultan Agung Amlapura, Sabtu (12/10) malam.

AMLAPURA, NusaBali

Pembukaan didampingi Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Kadis Pariwisata I Ketut Sedana Mertha. Tujuannya menggairahkan kembali pariwisata Karangasem yang sempat anjlok pasca erupsi Gunung Agung.  

Pembukaan ditandai memukul cengceng bersama. Selanjutnya pementasan grup musik di antaranya Ghanasvara Amlapuira, dan Balawan. Bupati Mas Sumatri mengapresiasi Karangasem World Music Festival 2019 sebagai pemulihan industri pariwisata yang sempat terpuruk di tahun 2017-2018 akibat erupsi Gunung Agung. “Kami konsisten melakukan paket industri pariwisata spiritual dan membangun 1.000 museum,” jelas Bupati Mas Sumatri. Seribu museum dimaksudkan membangun museum di rumah-rumah, misalnya warga yang peduli menyimpan lontar, itu dibantu cara memelihara dan menyimpannya, sekaligus sebagai museum.

Bupati Mas Sumatri berharap Karangasem World Music Festival bermanfaat langsung terhadap kemajuan pariwisata di Karangasem. “Harapannya, bukan saja wisatawan berkunjung ke Karangasem agar menginap juga di Karangasem,” harapnya. Prof  Pitana juga berharap Pulau Bali yang sudah dikenal di dunia, selayaknya tetap perlu dipromosikan agar kunjungan terus meningkat. Di samping pelaku-pelaku pariwisata melakukan inovasi. Sedangkan kegiatan berupa Karangasem World Music Festival, Festival Tirtagangga, Festival Tulamben, Festival Amed, hendaknya dilakukan secara konsisten, mengingat hal itu juga merupakan bagian terpenting dari promosi. “Setiap kegiatan festival mesti mampu mengakomodir nilai budaya, itu yang diinginkan pariwisata,” kata Prof Pitana.

Di sela-sela acara pembukaan Karangasem World Music Festival juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Bupati Mas Sumatri selaku Kepala Daerah Karangasem dengan pihak ICCN (Indonesia Creative Cities Network) yang merupakan perkumpulan sosial dan kemanusiaan, diwakili Satari SE Dipl AE MM. Kerjasama itu dilakukan untuk mewujudkan kota kreatif di Karangasem. Terutama kreatif bidang lingkungan, bidang sosial, bidang pariwisata, bidang lainnya. Sehingga pembangunan  di Karangasem tambah maju dan masyarakatnya sejahtera. *k16

Komentar