nusabali

Pujawali Ngusaba di Pura Tuluk Biyu Batur

  • www.nusabali.com-pujawali-ngusaba-di-pura-tuluk-biyu-batur

Krama Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli menggelar pujawali ngusaba di Pura Tuluk Biyu Batur pada Purnama Kapat, Redite Umanis Menail, Minggu (13/10).

BANGLI, NusaBali  

Sebelum upacara puncak, krama mengawali dengan Mapepada Agung di jaba pura. Ida bhatara nyejer selama a wuku atau satu minggu. Panyineban digelar pada Redite Pon Prangbakat, 20 Oktober mendatang.

Manggala Karya, Ketut Sudana mengatakan saat Mapepeda Agung  Ida Bhatara kamedalang dari utama mandala pura menuju jaba pura. Prosesi ini diiringi sekaa gong, seka baris serta krama Batur. Pujawali ngusaba yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini sebagai bentuk penghormatan kepada Ida Bhatara serta memohon sinar suci beliau untuk menerangi umat sedharma. Usai mapepada, selanjutnya menghaturkan bakti pujawali-ngusaba dan bhakti madewasraya.

Pujawali ngusaba tidak hanya diikuti krama Batur, namun Bhatara Tapakan dari beberapa wilayah juga lunga ke Pura Tuluk Biyu. Ketut Sudana menyampaikan, ada 5 bhatara tapakan yang tedun dari Gianyar dan Karangasem. “Bhatara tapakan yang lunga karena memang ada kaitannya dengan Pura Tuluk Biyu Batur,” sebutnya. Selama pujawali, kabupaten/kota lainnya di Bali menghaturkan bhakti penganyar secara bergantian. Pura Tuluk Biyu Batur adalah pura khayangan jagat. Ketut Sudana mengajak seluruh umat Hindu meluangkan waktu nangkil ke Pura Tuluk Biyu Batur. *esa

loading...

Komentar