nusabali

Unud Gelar Seminar Nasional Matematika

  • www.nusabali.com-unud-gelar-seminar-nasional-matematika

Program Studi Matematika FMIPA Unud menggelar Seminar Nasional Matematika III, Jumat (11/10) di Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Tema Seminar kali ini adalah “Konektivitas Matematika dengan Pembangunan Berkelanjutan dalam Memasuki Era Revolusi Industri 4.0”.

Seminar ini menghadirkan tiga pembicara utama yaitu Prof. Drs. Subanar, Ph.D. (UGM), Prof. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D. (Universitas Sebelas Maret),  dan Prof. Dr. Edi Cahyono, M.Si. (Universitas Haluoleo). Total peserta yang mengikuti seminar ini sebanyak 180 orang dan seminar ini merupakan kegiatan dwi tahunan yang digelar Prodi Matematika.

Rektor Unud Prof. AA Raka Sudewi menyampaikan tema seminar selaras dengan visi dan misi Universitas Udayana dalam menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, dan berbudaya. Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0 diharapkan mampu bersaing secara global dan dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai literasi baru, meliputi literasi data, literasi teknologi,  dan  literasi  manusia.  

“Penguasaan dalam literasi baru ini merupakan nilai tambah yang tidak dapat diabaikan oleh perguruan tinggi agar mampu bersaing  secara global. Sebagai upaya dalam pengembangan literasi baru, kita dituntut untuk mampu memanfaatkan dan mengolah data, menerapkannya ke dalam teknologi. Hal ini dapat diwujudkan oleh perguruan tinggi, salah satunya dengan mengembangkan kapasitas kognitif mahasiswa: higher order mental skills, berpikir kritis, dan sistemik,” ujarnya.

Rektor berharap melalui seminar nasional ini terjalin tukar informasi dan kerja sama antara berbagai pihak baik dosen, peneliti, pemerintah, dan stakeholder dalam mewujudkan  Indonesia yang maju, sejahtera, dan berkarakter melalui kualitas sumber daya manusia yang unggul.  “Melalui seminar nasional ini diharapkan mampu memotivasi para dosen serta praktisi bidang matematika untuk senantiasa melakukan inovasi sehingga mampu bersaing dalam persaingan global pada era Revolusi Industri 4.0,” tegas Rektor Unud, Raka Sudewi.

Sementara Dekan FMIPA Dr. Ni Luh Watiniasih menyampaikan kegiatan ini sangat penting bagi Prodi dimana matematika yang merupakan dasar pengembangan ilmu selanjutnya. Dari seminar nasional ini diharapkan terjadi sharing pengetahuan, hasil penelitian dan pengalaman dari pembicara maupun peneliti yang hadir.  

Ketua Panitia Dr. G.K. Gandhiadi menambahkan panitia menerima sekitar 27 makalah pendamping dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia diantaranya ITB, UGM, UIN Sunan Kalijaga, PNB dan beberapa Perguruan Tinggi lainnya. *

loading...

Komentar