nusabali

HIPMI Bali akan Gelar Festival Senggol Sulawesi

  • www.nusabali.com-hipmi-bali-akan-gelar-festival-senggol-sulawesi

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bali akan menggelar 'Festival Senggol Sulawesi' pada 9-10 November 2019.

DENPASAR, NusaBali

HIPMI mengambil konsep pasar senggol untuk memperkenalkan kembali pasar tradisional di Bali, karena HIPMI selain meningkatkan kapasitas pengusaha muda juga sebagai pendukung peningkatan sektor ekonomi.

Ketua BPD HIPMI Bali, dr I Gusti Nyoman Darmaputra didampingi Ketua Panitia, Agus Pande Widura, Sabtu (12/10) mengatakan HIPMI saat ini ingin melaksanakan kegiatan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. HIPMI memilih Jalan Sulawesi, Denpasar sebagai tempat digelarnya festival senggol pertama karena jalan ini sebelumnya merupakan pasar senggol yang seiring waktu sudah ditinggalkan.

Padahal Jalan Sulawesi merupakan salah satu tempat yang dijadikam kawasan Heritage City. Kata dia, konsep pasar senggol saat ini akan dilakukan dengan memadukan empat etnis, yakni Bali, China, Arab dan India. Lebih lanjut dijelaskan, Festival Senggol Sulawesi akan digelar rutin tahunan berskala nasional.

Di mana, pelaksanaan kegiatan tersebut selain meningkatkan ekonomi kerakyatan juga sebagai wahana silaturahmi serta berkumpulnya pengusaha, stakeholder serta masyarakat. “Tentunya konsep ini diharapkan mampu memperkenalkan kembali spirit Jalan Sulawesi kepada generasi muda yang saat ini dikenal sebagai pusat perdagangan tekstil, serta memberikan pemahaman kepada insan pengusaha muda di pasar inilah merupakan awal mula muculnya berbagai jenis bisnis,” ujarnya.

Kegiatan ini nantinya dikemas dengan beragam acara. Mulai dari Food and Art Expo ala Pasar Senggol dengan sajian khas dari Kabupaten/Kota di Bali dan empat Etnis di sekitar kawasan Heritage Jalan Sulawesi, Night Fun Run, Hiburan dengan sajian Barong Sai, Bondres dan Ngelawang, Kontes Foto dan penongkatan kompetensi pedagang melalui Scale up Pedagang Pasar Badung yang ditargetkan dihadiri ribuan orang baik dari Denpasar, Bali dan luar Bali.

Khusus untuk Night Fun Run digelar sejauh 5 KM dengan mengambil rute kawasan Heritage Denpasar. Bahkan artis yang juga pelari Malenie Putri juga direncanakan ikut lari dalam Night Fun Run ini.

Kasubag Pengumpulan Informasi dan Dokumentasi Bagian Humas Setda Kota Denpasar, AAN Mahendra Putra menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. "Tentu kami sangat mendukung dan hal ini sejalan dengan visi pengembangan kawasan Heritage Denpasar oleh bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar," jelasnya. *mis

Komentar