nusabali

33 SD di Rendang Pulang Molor 1 Jam

  • www.nusabali.com-33-sd-di-rendang-pulang-molor-1-jam

Sebanyak 33 SD di Kecamatan Rendang, Karangasem pulang sekolah molor 1 jam. Siswa masuk kelas pukul 08.05 Wita hingga pukul 13.115 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Sebelumnya masuk pukul 07.30 Wita dan pulang pukul 12.15 Wita. Alasannya, 15 menit sebelum memulai pembelajaran ada kegiatan literasi dengan membaca buku atau guru bacakan buku dan siswa menyimak. Ada juga pelajaran PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) untuk siswa.

Koordinator Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kecamatan Rendang, Ngakan Putu Suarjana,  mengataka siswa belajar literasi dan PPK selama 15 menit, selanjutnya melakukan persiapan memulai pembelajaran sehingga habiskan waktu sekitar 30 menit. Mulai belajar reguler pukul 08.05 Wita. Adanya kegiatan literasi melahirkan beragam inovasi. Misalnya siswa SDN 1 Rendang menggelar panggung kreativitas siswa setiap Sabtu. Selama Senin hingga Jumat, siswa belajar nyanyi, musik, dan baca puisi. Selanjutnya Sabtu dipentaskan.

Pendidikan literasi dan PPK itu atas arahan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Ngurah Kartika. Di setiap pertemuan lanjut Ngakan Putu Suarjana telah disosialisasikan kepada segenap yang hadir, terutama kepada kepala sekolah, termasuk kepada orangtua siswa, bahwa siswa pulang sekolah lebih lambat sekitar 30 menit dari biasanya.

Terpisah, Kasek SDN 1 Pempatan, di Banjar Putung, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang I Wayan Sumerta SPd MPd membenarkan ada kegiatan literasi dan PPK setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai. Dikatakan, setiap hari guru piket mesti tiba lebih awal di sekolah pukul 06.30 Wita. Sedangkan guru lainnya tiba pukul 07.00 Wita bersama siswa. Seluruh guru menyapa siswa pukul 07.00 Wita dengan memberikan salam, selanjutnya pukul 07.15 Wita mengajak siswa sembahyang bersama. “Literasi dan PPK dimulai pukul 07.30 Wita hingga pukul 08.05 Wita,” katanya.

Selain didukung perpustakaan, juga ada pojok baca di setiap kelas. Sehingga 78 siswa wajib membaca buku setiap hari. “Buku yang dibaca siswa wajib sinopsiskan,” katanya. Ditegaskan, tidak ada kekhawatiran siswa pulang sekolah molor dari biasanya yakni pulang pukul 13.15 Wita. “Yang benar pulang pukul 13.15 Wita, bukan pukul 13.30 Wita. Orangtua siswa telah memahami hal itu,” jelasnya. *k16

loading...

Komentar