nusabali

Utsawa Bali Sani, Kolaborasi Ilmu Pengetahuan dan Agama

  • www.nusabali.com-utsawa-bali-sani-kolaborasi-ilmu-pengetahuan-dan-agama

Beragam lomba kesenian digelar di areal kampus UNHI Denpasar.

DENPASAR, NusaBali.com
Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar kembali melaksanakan Utsawa Bali Sani untuk ke-10 kalinya. Utsawa Bali Sani sendiri merupakan acara tahunan Universitas Hindu Indonesia yang menampilkan sejumlah kesenian tradisional Bali dalam sebuah pagelaran seni yang dilaksanakan di areal kampus UNHI Denpasar, Tembau, Jalan Sangalangit, Penatih, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. 

Utsawa Bali Sani ini sendiri dibuka pada Kamis (10/10/2019), diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti lomba penjor, lomba ngelawar, lomba melukis, lomba busana adat ke pura, lomba Jauk Manis dan Kendang, lomba Dharma Wacana, dan akan diakhiri dengan Dramatari Basur Ahamkara pada Minggu (13/10/2019). 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Hindu Indonesia dengan pemukulan kulkul yang dilanjutkan dengan pementasan gong kebyar wanita dari SMA N 3 Denpasar dan sekaa gong remaja dari Banjar Tembau Tengah Denpasar. Tak ketinggalan pula pada malam pembukaan juga diisi dengan grand final pemilihan Jegeg Bagus Universitas Hindu Indonesia 2019. 

Pada tahun ini, Utsawa Bali Sani X mengambil tema Bayu Pramaning Bhuwana, yaitu Angin Sebagai Sumber Kehidupan Manusia. Menurut Rektor Universitas Hindu Indonesia, Prof Dr drh I Made Damriyasa MS, Utsawa Bali Sani   menjadi bentuk aktualisasi dari pembelajaran ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan agama.  

“Melestarikan budaya Bali yang merupakan kekayaan intelektual para leluhur kita di Bali. Kemudian Universitas Hindu Indonesia sebagai lembaga pendidikan tinggi untuk mencetak dan membentuk karakter generasi muda, di mana dalam prosesnya tidak hanya ditanamkan pemahaman terkait sains dan teknologi, tapi di sini dipadukan antara ilmu, teknologi, seni, budaya, dan agama,” ujar Made Damriyasa. 

Tahun ini, Utsawa Bali Sani dilaksanakan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun-tahun sebelumnya, selalu dilaksanakan di luar areal Kampus UNHI. Namun pada tahun ini, pelaksanaan UBS diselenggarakan di areal Kampus UNHI di Tembau. “Harapan ke depannya agar kegiatan seperti ini bisa dikolaborasikan dengan Pesta Kesenian Bali sehingga bisa memperkaya acara-acara yang dilakukan di Pesta Kesenian Bali,” tutup Made Damriyasa.*yl

loading...

Komentar