nusabali

Eks TPA Sente Masih Kepulkan Asap

  • www.nusabali.com-eks-tpa-sente-masih-kepulkan-asap

Eks TPA Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, yang kini dijadikan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), kembali mengepulkan asap sejak beberapa waktu lalu.

SEMARAPURA, NusaBali

Guna meminimalisir dampak asap kepada warga sekitar, petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung, setiap hari menyemprotkan air dengan du unit armada.

DLHP juga dibantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klungkung dengan mengerahkan dua unit truk air, Kamis (10/10) sejak pagi. Salam dua Minggu terakhir,  sedikitnya dua unit truk air turun sebanyak 3 – 6 kali dalam seminggu.

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta, mengatakan Damkar dalam hal ini terus memantau dan berkoordinasi dengan DLHP. Sehingga ketika petugas DLHP kesulitan untuk menjangkau sumber kemunculan asap, maka petugas Damkar langsung turun. “Kami terus pantau, saat ini kepulan asapnya sudah menipis,” ujar Suarta, kepada NusaBali, Kamis (10/10).

Bahkan menindaklanjuti masalah ini, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungklung Anak Ngurah Agung Kirana, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida, sudah meninjau kondisi eks TPA Sente, beberapa waktu lalu.

Dalam pantauannya, Bupati Suwirta melihat langsung kondisi yang terjadi lapangan. Penyemprotan terus dilakukan petugas Pemadam Kebakaran dan Petugas DLHP untuk memadamkan titik api yang diakibatkan oleh gas metan. Bupati juga mengumpulkan dan menugaskan pekerja yang ada di TPA untuk memilah sampah plastik agar tidak berterbangan. Bupati juga mengimbau kepada petugas untuk mejaga kesehatan, memakai sarung tangan, sepatu serta masker. *wan

Komentar