nusabali

E-parkir RSUD Sanjiwani Mangkrak

  • www.nusabali.com-e-parkir-rsud-sanjiwani-mangkrak

Banyak masyarakat yang terhambat masuk RSUD ini gara-gara alat tersebut rusak.

GIANYAR, NusaBali

Pemkab Gianyar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Gianyar sempat membuat inovasi cukup keren, berupa pemasangan e-parkir di pintu masuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanjiwani Gianyar. Namun baru beberapa bulan penerapan, portal parkir berbasis teknologi ini ternyata mangkrak karena rusak.

Pantauan di lokasi, Kamis (10/10), karena rusak maka palang portal tampak berdiri dari seharusnya posisi melintang. Saat masih berfungsi, palang ini bekerja secara otomatis. Palang akan terbuka jika pengendara yang masuk RSUD ini telah mengambil struk e-parkir pada mesin struk. Salah satu dampaknya, banyak masyarakat yang terhambat masuk RSUD ini gara-gara alat tersebut rusak. Menyikapi itu Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra minta Dishub mencabut pengoperasian e-parkir ini.

Bupati mengaku sebelumnya telah menyampaikan permasalahan tersebut kepada Dishub. Sampai-sampai menyuruh Dishub agar alat itu dicabut. Karena kurang cocok dipasang di rumah sakit. “Banyak yang terhambat gara-gara alat itu,” jelasnya. Karena alat tersebut dinaungi Dishub Gianyar, Bupati menyarankan agar mengkonfirmasikan ke kepala Dishub.

Kepala Dishub Gianyar I Wayan Suamba, saat ditemui Kamis (10/10), mengaku akan berkoordinasi dengan rekanan terkait alat itu. Kata dia, permasalahan e-parkir di RSUD Sanjiwani telah diketahuinya sejak beberapa waktu lalu. Dia mengaku akan segera melakukan rapat koordinasi antara rumah sakit dengan rekanan penyedia mesin tersebut. “Dicabut, tentu tidak semudah itu. Itu kan bahasa pimpinan (bupati,Red), tapi jangan ditelan mentah-mentah, harus ada koordinasi lagi. Karena ada beberapa pihak terait disana yang menangani, bukan Dishub saja,” ungkapnya.

Suamba mengaku, mesin e-parkir yang kini mangkrak tersebut sudah dipasang sebelum dirinya menjadi Kepala Dishub Gianyar. “Sesampai saya di sini (Dishub, Red), memang sudah seperti itu keadaan mesinnya. Mesin ini dipasang saat Kepala Dishub sebelumnya (I Wayan Artana, pensiun per 1 Oktober 2019,Red). Sedangkan beliau (Artana) sudah pensiun, jadinya agak sulit koordinasinya. Yang jelas, kami akan segera rapat dengan pihak rumah sakit dan pihak rekanan penyedia alat tersebut,” ujar Suamba. Sebelumnya, Suamba adalah Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gianyar. Dia menggantikan Kepala Dishub Gianyar I Wayan Arthana yang dimutasi jadi Sekwan DPRD Gianyar. *nvi

Komentar