nusabali

Pamiyosan Jelang Usaba Kapat di Puseh Duda

  • www.nusabali.com-pamiyosan-jelang-usaba-kapat-di-puseh-duda

Krama Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem akan menggelar Usaba Kapat di Pura Puseh.

AMLAPURA, NusaBali

Rangkaian usaba diawali dengan upacara pamiyosan I yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Ngenjung pada Anggara Umanis Uye, Selasa (8/10). Krama dari 27 banjar adat membeludak datang untuk sembahyang.

Prosesinya diawali dengan menggelar upacara pembersihan yang dilaksanakan oleh pamangku di seluruh mandala Pura Puseh. Disusul menggelar banten pacaruan dengan kurban kerbau dan upacara pamiyosan. Usai sembahyang bersama, nedunang 37 pralingga dan pratima Ida Bhatara untuk masucian ke kayoan solas (pancuran 11) di Tukad Batah, sekitar 1 kilometer dari Pura Puseh. Setiba di kayoan solas, Ida Bhatara katuran upacara menyucikan pralingga dan pratima.

Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana, mengatakan sebelumnya menggelar upacara melasti ke Pantai Banjar Buitan, Desa/Kecamatan Manggis, Karangasem, Buda Kliwon Matal, Rabu (2/10). Lanjut pamiyosan di Pura Aji pada Saniscara Pon Matal, Sabtu (5/10). Disusul di Pura Puseh pamiyosan I Anggara Umanis Uye, Selasa (8/10), pangrejangan Sukra Wage Uye (Jumat, 11/10), pamiyosan kedua Soma Paing Menail (Senin, 14/10) dan pangrejangan kedua Anggara Pon Menail (Selasa, 15/10) langsung nyineb. Khusus untuk di Pura Puseh Banjar Adat Pegubugan hanya menggelar sekali pamiyosan pada Soma Paing Menail (Senin, 14/10). “Tiap Usaba Kapat memang upacara pamiyosan diselenggarakan dua kali,” kata Komang Sujana. *k16

Komentar