nusabali

SDN 3 Ban dan SMPN 2 Manggis Juara Pramuka

  • www.nusabali.com-sdn-3-ban-dan-smpn-2-manggis-juara-pramuka

Regu Pramuka SDN 3 Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem dan SMPN 2 Manggis dinobatkan sebagai juara Pramuka Tingkat Kabupaten Karangasem 2019.

AMLAPURA, NusaBali

Keduanya berhak mewakili Karangasem di Lomba Pramuka Tingkat Provinsi Bali pada 26 Oktober mendatang di Denpasar. Berdasarkan hasil penilaian, ada peningkatan kualitas dibandingkan sebelumnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem I Gusti Ngurah Kartika mengungkapkan dewan juri yang memutuskan pemenang di tingkat siaga dan penggalang yakni I Wayan Sarya, Made Agung Ariyasa, dan Ni Putu Eka Damayanti. Lomba Gugus Unggul Tingkat Siaga dimenangkan SDN 3 Ban dengan skor 189, juara II SDN 1 Pesedahan skor 183, dan juara III SDN 6 Karangasem skor 111. Persaingan dii nomor siaga ini sangat ketat, secara kualitas nyaris berimbang. Juara II SDN 1 Pesedahan hanya kalah 6 point. Sedangkan di nomor penggalang, SMPN 2 Manggis dinobatkan sebagai pemenang dengan skor 187, mengalahkan SMPN 5 Kubu dengan skor 180, dan juara III SMPN 2 Sidemen dengan skor 170.

Gusti Ngurah Kartika menilai secara umum kualitas Pramuka di Karangasem mengalami peningkatan. Buktinya skor penilaiannya bersaing ketat. “Jika semua kecamatan terus meningkatkan kualitas pembinaannya, maka kualitas Pramuka Tingkat Kabupaten Karangasem otomatis meningkat,” jelas Gusti Ngurah Kartika, Selasa (8/10). Terlebih lagi Pramuka telah masuk kurikulum 2013. Setiap sekolah wajib mengajarkan nilai-nilai Pramuka dari siaga hingga penegak. Sebab pada Pramuka tercantum pendidikan budi pekerti, pendidikan karakter, wawasan kebangsaan, diajari cara menolong sesama, dan berjiwa sosial.

Koordinator juri I Wayan Sarya yang juga Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem merasakan peningkatan kualitas setelah menilai di delapan kecamatan. Tujuh aspek penilaian yakni sumber daya manusia, manajemen administrasi dan kehumasan, dukungan dana sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi, dan kemitraan. Membina siswa bidang Pramuka mesti antara pembina dan kemampuan siswa nyambung. Lebih mudah membina siswa apabila memiliki bakat di bidang Pramuka. *k16

loading...

Komentar