nusabali

PNS Ngayah di Pura Pucak Penulisan

  • www.nusabali.com-pns-ngayah-di-pura-pucak-penulisan

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bangli ngayah di Pura Pucak Penulisan, Gunung Wangun Urip, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Bangli, Selasa (8/10).

BANGLI, NusaBali

PNS ngayah jelang pelaksanaan Karya Nyatur Bwana di pura setempat. Karya Nyatur Bwana merupakan rangkaian dari Karya Agung Pengurip Jagat Bali Kabeh tahun 2010 lalu.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Bangli, Jro Penyarikan Widata mengatakan,  ngayah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemkab Bangli menjelang pelaksanaan karya di sejumlah pura besar di Bangli. Ngayah melibatkan pejabat eselon II, III, IV, beserta staf berbaur bersama masyarakat setempat. Sehingga PNS dan masyarakat berbaur dalam kegiatan di pura.

Manggala Karya, I Wayan Jasa mengatakan Karya Nyatur Bwana puncaknya pada Redite Umanis Menail, Minggu 13 Oktober 2019 mendatang. Bhakti yang diaturkan pada puncak karya yakni bebangkit, bagia pula kerta, bagia pule kerti, pule kedaton, dan lis ageng. Wewalungan yang digunakan yakni 4 ekor kerbau, kijang, itik, dan berbagai jenis ayam. Sesuai Lontar Catur Dharma Kelawasan, sebelum dilaksanakan pada tahun 2010 lalu, Karya Agung Pengurip Jagat Bali dan seluruh rangkaiannya terakhir dilaksanakan oleh Raja Bali Sri Asta Sura Ratna Bumi Banten sekitar 800 tahun silam.

Rangkaian Karya Agung Pengurip Jagat Bali Kabeh akan ditutup dengan ngaturang Bhakti Pakelem ring segara Badung pada tahun 2021 mendatang. Menurutnya,  bhakti pakelem direncanakan menggunakan 2 kerbau. “Sesuai isi Lontar Catur Dharma Kelawasan, Karya Pengurip Jagat Bali Kabeh harus dilengkapi dengan 10 rentetan karya. Lontar juga menyebutkan ada sekitar 66 kebo yang dikurbankan,” ujarnya. Tujuan Karya Agung Pengurip Jagat Bali Kabeh dan seluruh rangkaian karya adalah untuk memperkuat taksu Gumi Bali serta memohon keselamatan dan kesuburan bagi alam semesta beserta isinya. *esa

loading...

Komentar