nusabali

Lomba Perahu Layar Meriahkan NPF V 2019

  • www.nusabali.com-lomba-perahu-layar-meriahkan-npf-v-2019

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melepas peserta Lomba Perahu Layar Tradisional di Pelabuhan Sampalan, Kecamatan Nusa Penida, Selasa (8/10).

SEMARAPURA, NusaBali

Lomba diikuti sembilan peserta ini digelar untuk memeriahkan Nusa Penida Festival (NPF) 2019, melestarikan jukung tradisional, dan  mendukung pariwisata yang tengah berkembang di Nusa Penida. Sembilan peserta terdiri dari 2 dari Desa Suana, 5 dari Desa Batununggul dan 2 peserta dari Karangasem. Jarak tempuh sekitar 15 km dari start –finish, bolak-balik sehingga total jarak tempuh sekitar 30 km. Tahun depan, untuk meningkatkan jumlah peserta lomba, Bupati Suwirta berjanji akan meningkatkan jumlah hadiah uang. "Saya berharap antusiasme para joki untuk mengikuti lomba perahu ini. Tahun depan akan semakin meningkat karena hadiah uang akan saya lipat gandakan. Inilah saatnya para joki/nelayan untuk turut berpartisipasi meramaikan dan menarik wisatawan lewat atraksi lomba ini," ujar Bupati Suwirta.

Ketua Panitia Lomba Putu Rai Sudarta mengatakan, dalam lomba ini joki/nelayan diuji keahliannya mengarahkan jukung dengan layar. "Peserta diharuskan melewati bendera yang dipasang di Pantai Suana. Apabila tidak sampai melewati dinyatakan diskualifikasi," ujarnya.

Ditambahkan, lima peserta lomba jukung tercepat yang berhasil melewati rute dan kembali sampai finish di pelabuhan Sampalan ditetapkan sebagai juara. Mereka diurut dan memperoleh hadiah sesuai kecepatan waktu tempuh. Juara I meraih hadiah Rp 5 juta, juara II meraih Rp 4 juta, juara III meraih Rp 3 juta, juara IV meraih Rp 2 juta dan peringkat V dengan hadiah Rp 1 juta. *wan

Komentar