nusabali

Timnas Asah Penyelesaian Akhir

  • www.nusabali.com-timnas-asah-penyelesaian-akhir

Tak diunggulkan lawan UEA, Timnas percaya diri dan mempersiapkan taktikal hingga finishing touch menghadapi tuan rumah.

DUBAI, NusaBali

Menjelang duel lawan tuan rumah  Uni Emirat Arab (UEA) pada Kamis (10/10) besok, Timnas semakin intensif menyiapkan taktikal, game permainan dan penyelesaian akhir. Rancangan menghadapi laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Grup G ini dijalankan serius oleh 25 pemain saat berlatih di Lapangan Iranian Club Dubai, Selasa (9/10) petang.

Sekitar dua jam, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy menggembleng tim asuhannya. Selain itu, kerja sama tim dan transisi bertahan ke menyerang maupun sebaliknya juga jadi menu latihan. "Sedikit pengulangan tentang apa yang kami lakukan dalam setiap latihan beberapa hari terakhir. Kami mengaturnya untuk 25 pemain dalam laga uji coba internal," kata Simon.

"Saya melihat mereka belajar dari kesalahan, dan bagaimana mengambil keputusan tepat. Sesi latihan yang sangat positif, pemain terlihat percaya diri dan kami menantikan laga nanti," tambah pelatih asal Skotlandia tersebut.

Melawan UEA, Timnas Indonesia akan bermain di Stadion Al Maktoum, Dubai. Andritany dan kawan-kawan sengaja datang lebih awal pada 3 Oktober ke UEA sebagai bagian dari persiapan pertandingan. Indonesia memang sudah pernah mengakrabkan diri dengan situasi cuaca dan lingkungan yang mirip dengan UEA. Itu ketika laga uji coba FIFA Match Day kontra Yordania, Juni lalu, yang berkesudahan 1-4 untuk kemenangan tuan rumah.

Susunan pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi UEA juga ada perubahan mendadak. Hal ini karena Novri Setiawan yang awalnya masuk daftar, akhirnya digantikan oleh Gavin Kwan karena cedera. Skuat Garuda berharap pada lawatan ke UEA ini mendapat hasil yang maksimal karena di dua laga sebelumnya mengalami dua kali kekalahan melawan Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3). Dua laga tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada tanggal 5 dan 10 September 2019 lalu.

Sementara itu pada Senin (7/10) malam waktu setempat,  Timnas berkunjung ke Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Dubai. Seluruh pemain dan ofisial hadir pada acara makan malam yang dijamu langsung oleh Kedubes RI untuk UEA yakni Husin Bagis dan perwakilan Konjen, Ridwan Hasan.

Pihak Konjen RI pun memberikan makan malam dengan hidangan menu Indonesia. "Sangat senang kami dijamu makan malam oleh perwakilan Konjen dan Kedutaan Besar Republik Indonesia disini. Apalagi mereka nanti akan memberikan dukungan langsung kepada kami saat melawan UEA, Kamis besok di Stadion. Tentu ini menjadi penambah semangat bermain kami," kata Simon McMenemy.

Selain makan malam, perwakilan Konjen, Kedubes RI dan Timnas Indonesia saling memberikan cendera mata. "Sangat bangga kami kedatangan Timnas Indonesia. Semoga dapat meraih kemenangan melawan UEA. Banyak pekerja Indonesia yang akan memberikan dukungan langsung ke stadion besok kamis," kata Husin Bagis.*

Komentar