nusabali

Denpasar Dinobatkan sebagai Kota Terinovatif Se-Indonesia

  • www.nusabali.com-denpasar-dinobatkan-sebagai-kota-terinovatif-se-indonesia

Pemkot Denpasar kembali meraih penghargaan tingkat nasional, dengan dinobatkannya Denpasar sebagai Kota Paling Inovatif se-Indonesia.

DENPASAR, NusaBali

Denpasar menduduki tangga teratas di bidang inovasi untuk kategori Pemerintah Kota se-Indonesia dalam ajang ‘Innovative Goverment Award 2019’ yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan sebagai Kota Paling Inovatif se-Indonesia tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, kepada Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam acara anugerah ‘Innovative Goverment Award 2019’ di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (7/10) malam.

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, sebagai apresiasi atas inovasi yang telah berhasil dilakukan. Penghargaan tersebut diharapkan dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Atas prestasinya meraih penghargaan ‘Innovative Goverment Award 2019’ ini, Pemkot Denpasar berhak mendapatkan dana insentif sebesar Rp 9 miliar dari pemerintah pusat. Walikota Rai Mantra mengaku sangat bersyukur Kota Denpasar bisa meraih peringkat pertama bidang Pemerintahan Kota Terinovatif tahun 2019. “Ini menjadi bukti bahwa pelayanan Pemkot Denpasar semakin cepat, transparan, efisien, dan inovatif. Semoga inovasi tersebut dapat dirasakan langsung oleh masya-rakat," ujar Rai Mantra seusai menerima penghargaan malam itu.

Rai Mantra berharap ke depannya secara keberlanjutan Pemkot Denpasar dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mampu mempermudah pelayanan bagi masyarakat kota. "Untuk itu, kami mendorong OPD agar dapat terus berinovasi dan berharap inovasi terus lahir di Kota Denpasar," katanya.

Pemkot Denpasar telah memiliki berbagai inovasi. Inovasi pertama yang dibuat Pemkot Denpasar di era kepemimpinan Walikota Rai Mantra-Wakil Walikota IGN Jaya Negara adalah Sewaka Dharma. Inovasi ini dibentuk untuk mengubah mindset PNS dari ‘dilayani’ menjadi ‘melayani’. “Sewaka Dharma itu berarti melayani adalah kewajiban,” papar Rai Mantra.

Rai Mantra menjelaskan, motto Sewaka Dharma menjadi pondasi awal dalam membangun inovasi fisik berikutnya, yakni dengan membangun Gedung Sewaka Dharma dengan konsep pelayanan terpadu satu pintu. Inovasi terus dilakukan untuk membantu dan bermanfaat kepada masyarakat. Di antaranya, Mall Pelayanan Publik, Pengaduan Rakyat Online (Pro Denpasar), Revitalisasi Pasar Tradisional, Penataan Sungai, inovasi Damakesmas, hingga call center. *mis

Komentar