nusabali

Diharapkan, Pantai Batu Seha Berkembang

  • www.nusabali.com-diharapkan-pantai-batu-seha-berkembang

Bupati Suwirta Tutup Padat Karya di Batumadeg

SEMARAPURA, NusaBali

Di sela-sela menghadiri acara Nusa Penida Festival 2019, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri acara penutupan Program Padat Karya Infrastruktur Tahun 2019 di Dusun Pangkung Gede, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Senin (7/10). Bupati berharap program ini nantinya bermanfaat untuk pemberdayaan desa dan pemanfaatan potensi alam, antara lain Pantai Batu Seha.

Bupati didampingi Ny Ayu Suwirta dan Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra. Penutupan kegiatan ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Suwirta, disaksikan Forkompinca dan puluhan warga setempat.

Bupati Suwirta berharap dengan selesainya program ini bisa memberikan manfaat dalam pemberdayaan desa serta dalam pemanfaatan potensi alam yakni keindahan Pantai Batu Seha. Kepada Perbekel setempat, Bupati minta agar melanjutkan pengerasan jalan dan melakukan perencanaan sehingga potensi desa bisa bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. ‘’Potensi wisata Pantai Batu Seha ini silakan segera digarap demi peningkatan ekonomi warga,’’ ujar Bupati Suwirta.

Perbekel Desa Batumadeg Made Mustika menyampaikan terima kasih kepada Bupati Suywirta karena telah menggulirkan program ini di desanya. Ke depan, perbaikan jalan ini akan dilanjutkan dengan pengerasan jalan menggunakan APBDes. Dirinya juga akan mengajukan proposal lewat BKK (Bantuan Keuangan Khusus) untuk membuat jalan tangga di tebing objek wisata Pantai Batu Seha. Dengan tangga ini, lokasi ini bisa dijangkau wisatawan. ‘’Mudah mudahan tahun 2020 bisa dilanjutkan hingga pengaspalan jalan,’’ ujar Made Mustika.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Gede Kusumajaya mengatakan, program padat karya ini sudah menyelesaikan pembuatan badan jalan 1.226 meter dan lebar 5 meter. Sumber dana dari APBD 2019. Tenaga kerja yang dikerahkan untuk pengerjaan badan jalan ini melibatkan ratusan warga. Upah yang diberikan bervariasi. Tenaga pembantu tukang Rp 80.000/hari dengan delapan jam kerja. Tukang empat orang dengan upah sebesar Rp 90.000 dan ketua kelompok empat orang dengan upah Rp 90.000. Pengerjaan ini berlangsung 20 hari.

Jelas dia, Program Padat Karya bertujuan untuk memperlancar sosial ekonomi masyarakat di Dusun Pangkung Gede. Selain itu, membuka akses jalan menuju Pantai Selatan Batu Seha, memberikan lapangan pekerjaan bersifat sederhana kepada masyarakat. Program ini mengutamakan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. *wan

Komentar