nusabali

Dinas LH Tabanan Sediakan Asbak Jumbo di Fasilitas Umum

  • www.nusabali.com-dinas-lh-tabanan-sediakan-asbak-jumbo-di-fasilitas-umum

Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tabanan telah memasang lima unit asbak jumbo atau tempat puntung rokok berukuran besar di sejumlah fasilitas umum.

TABANAN, NusaBali

Tujuannya adalah untuk memberikan ruang kepada para perokok, dan untuk menyadarkan masyarakat agar tidak buang puntung rokok sembarangan.

Berdasar pantauan, satu asbak besar dengan papan nama bertulisan smoking area sudah terpasang sejak beberapa hari lalu di pojok kanan Gedung I Ketut Maria Tabanan. Selain itu juga dipasang di beberapa titik seperti Lapangan Dangin Carik dan tempat umum lainnya.

Kepala Dinas DLH Tabanan I Made Subagia mengatakan asbak jumbo dibuat berkat bantuan salah satu komunitas peduli sampah, Malu Dong. Selain itu ada juga inisiasi dari mantan Ketua DPRD Tabanan Ketut Boping Suryadi. “Kami sudah pasang sepekan lalu,” ungkapnya, Minggu (6/10).  

Dikatakannya, ada lima asbak jumbo yang dipasang, yakni di pojok Gedung Ketut Maria, areal panggung Garuda Wisnu Kencana (GWS), Lapangan Debes, Lapangan Dangin Carik, dan di Pasar Transit Tabanan. “Tujuan pemasangan ini agar masyarakat tak membuang puntung rokok sembarangan,” tegas Subagia.

Dia berharap dengan dipasang asbak jumbo, masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan. Bahkan perokok bisa memanfaatkan tempat untuk merokok sehingga tak mengganggu warga yang tidak merokok. “Mudah-mudahan di seluruh fasilitas umum bisa disediakan asbak jumbo,” tandas Subagia. *des

loading...

Komentar