nusabali

Bupati Suwirta Launching Perizinan Satu Pintu Online

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-launching-perizinan-satu-pintu-online

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melaunching inovasi One Stop Service Menli (Investment and License) atau pelayanan perizinan satu pintu atau terintegrasi secara online.

SEMARAPURA, NusaBali

Kegiatan ini diadakan di Panggung Utama NPF (Nusa Penida Festival) V, Pelabuhan Banyar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, Sabtu (5/10) malam. Inovasi merupakan terobosan Pemkab Klungkung untuk mempercepat pengurusan perizinan secara online.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semaraputra, OPD terkait dan masyarakat Nusa Penida. Bupati Suwirta mengatakan, inovasi ini terobosan untuk mempercepat masyarakat dalam mengurus perizinan. "Inovasi ini sangat sejalan dengan cita-cita besar Pemkab Klungkung untuk membuat mall pelayanan publik tahun 2021," ujar Bupati Suwirta

Dia menambahkan, inovasi ini juga untuk menjawab tantangan iklim investasi di Nusa Penida. Karena masih banyak hotel, villa, dan restoran belum berizin. Inovasi ini akan memudahkan dan memperlancar pengurusan izin baik oleh investor maupun masyarakat yang malas mengurus izin usahanya. "Perizinan oline ini bisa dibuka dan diurus dari rumah, tinggal pada saat final, berkas aslinya harus disetor ke Dinas PMPTSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu),” ujarnya.

Bupati meminta dinas terkait bersinergi untuk mengoptimalkan inovasi ini. Langkah ini nanti bermanfaat maksimal dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat melalui PAD (pendapatan asli daerah). "Saya yakin Nusa Penida ini akan menjadi sumber pendapatan yang paling besar di bidang pariwisata, asalkan investor mengikuti aturan dari pemerintah,” katanya.

Kepala Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  Klungkung Made Sudiarka Jaya mengatakan, program ini hadir untuk mempermudah pelayanan pengurusan perizinan. Inovasi ini menggabungkan lima sistem yang ada yakni Catalog Investasi, Promosi Investasi Secara Online, Perizinan maupun Non Perizinan Secara Online serta Pengaduan Online. "Dengan lima sistem ini akan berdampak pada pemerintahan yang bersih serta masyarakat yang tanggap terhadap peraturan dan pengurusan izin," ujar Sudiarka Jaya. *wan

Komentar