nusabali

Mahasiswa di Bali Diajak Kenali Profesi Akuntan Publik

  • www.nusabali.com-mahasiswa-di-bali-diajak-kenali-profesi-akuntan-publik

Akuntan Publik juga harus siap menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. 

DENPASAR, NusaBali.com
Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana menggelar seminar regional akuntansi dengan tema 'Smart Start, Sooner Succes'. Seminar digelar di Aula Gedung Doktor FEB Unud, Kota Denpasar, Sabtu (5/10/3019) siang.

Ketua Pelaksana Seminar, I Putu Laksmana Narayana, mengatakan seminar ini merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Unud. "Seminar ini ditujukan untuk memberikan edukasi khusus di bidang profesi akuntan dan bagaimana menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 sekarang," ucapnya.

Ia menambahkan seminar ini juga untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai lingkup kerja akuntan publik. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa Program Studi Akuntansi dan beberapa kampus lainnya di Bali.

Pembimbing Himpunan Mahasiswa Akuntansi Unud, Anak Agung Ngurah Agung Kresnandra, menyatakan, seminar memiliki nilai penting bagi mahasiswa akuntansi. “Profesi akuntan publik terutama berkaitan dengan dunia kerja saat ini, sangat penting,” katanya saat membuka seminar.

Narasumber yang dihadirkan adalah I Wayan Sunasdyana yang merupakan Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Ia memaparkan materi mengenai profesi akuntan publik di Indonesia, mulai dari syarat untuk menjadi akuntan, etika profesi yang berlaku saat menjadi akuntan dan auditor, serta pemaparan masalah lain yang berhubungan dengan profesi tersebut.

Narasumber kedua adalah AANB Dwiranda, yang merupakan Ketua Program Studi Profesi Akuntansi (PPAk) Universitas Udayana. Ia memaparkan materi mengenai bagaimana cara seorang akuntan menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini.

Narayana menambahkan, melalui seminar ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal dan memahami profesi akuntan publik yang dapat dijadikan karier untuk mahasiswa ketika lulus nantinya. “Seminar seperti ini akan terus  dilaksanakan pada  masa yang akan datang dengan topik yang lebih aktual. Hal ini disesuaikan  dengan tuntutan kompetensi lulusan mahasiswa Akuntansi di dunia kerja nantinya di era industri 4.0," ucap dia.

"Dengan demikian lewat pengetahuan yang didapat dari seminar dapat terus memotivasi mahasiswa untuk meraih kariernya setelah lulus nanti,” pungkasnya.*has

Komentar