nusabali

BUMDes Kembangkan Usaha Layanan Sampah

  • www.nusabali.com-bumdes-kembangkan-usaha-layanan-sampah

Sejumlah BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Karangasem mulai mengembangkan usahan di bidang pelayanan sampah.

AMLAPURA, NusaBali

Sebab selama ini warga kesulitan membuang sampah apalagi tidak ada tempat penampungan akhir (TPA) di desa. Sejumlah perbekel telah membeli truk pengangkut sampah untuk dikirim ke TPA Banjar Butus, Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem.

Perbekel Desa Duda, Kecamatan Selat, I Gusti Agung Ngurah Putra, mengaku beli truk pada tahun 2017 untuk armada angkut sampah. Lima banjar dari delapan banjar di Desa Duda yang telah dapat pelayanan angkut sampah yakni Banjar Duda, Banjar Jangu, Banjar Bambang Biaung, Banjar Alastunggal, dan Banjar Padangtunggal Kangin. Sedangkan Banjar Dalem,  Banjar Padangtunggal Kauh, dan Banjar Pegubugan belum dilayani dengan alasan produksi sampah rumah tangga masih kecil.

Gusti Agung Ngurah Putra mengatakan, warga yang terlayani per KK dikenakan retribusi sampah Rp 20.000 per bulan, sedangkan pemilik vila Rp 250.000, SMAN 1 Selat dan SLUA Selat masing-masing dikenakan Rp 400.000, dan SD dikenakan Rp 50.000. Pelayanan memanfaatkan tiga tenaga kerja, dua orang yang menaikkan dan menurunkan sampah, masing-masing dengan upah harian Rp 75.000 per orang ditambah satu sopir dengan imbalan Rp 100.000 per hari. “Agar BMUDes ada pemasukan dan bisa mengangkat tiga tenaga kerja pelayanan sampah,” jelas Gusti Agung Ngurah Putra, Jumat (4/10).

Perbekel Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem I Gede Sudiarsa juga mengaku telah memiliki truk untuk angkut sampah sejak tahun 2017. “Kami telah melayani angkut sampah di Desa Tegallinggah diangkut ke TPA Banjar Linggasana Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem,” katanya. Desa Tegallinggah hanya melayani Banjar Bale Punduk Kaler, Banjar Bale Punduk Kelod, Banjar Nyuling, dan Banjar Tegallinggah. Begitu juga Perbekel Desa Purwakerthi, Kecamatan Abang. Perbekel I Nengah Karyawan telah beli truk dua tahun lalu digunakan melayani angkut sampah. Sesuai kesepakatan retribusi diberlakukan untuk rumah tangga per KK Rp 5.000 per bulan, rumah makan kisaran Rp 10.000 hingga Rp 15.000, villa sebesar Rp 50.000, dan hotel Rp 200.000.

Kelian Banjar Amed I Komang Edi Gunawan membenarkan telah dapat layanan angkut sampah milik BUMDes Desa Purwakerti, memberdayakan 4 tenaga kerja, masing-masing petugas menaikkan dan menurunkan sampah 3 orang dan sopir 1 orang. “Lumayan tertib sampah di Desa Purwakerthi telah terlayani,” jelas I Komang Edi Gunawan. *k16

Komentar