nusabali

Rombongan PHDI Kubu Belajar Menulis di Lontar

  • www.nusabali.com-rombongan-phdi-kubu-belajar-menulis-di-lontar

Rombongan PHDI Kecamatan Kubu, Karangasem berkunjung ke Objek Wisata Museum Pustaka Lontar, Banjar Dukuh, Desa Adat Dukuh Penaban, Kecamatan Karangasem, Jumat (4/10).

AMLAPURA, NusaBali

Rombongan yang dipimpin I Made Regeg ini belajar menulis di daun lontar. Pihak museum telah menyiapkan pisau (pengrupak), alas, dan daun lontar siap ditulis.

Selama di museum, rombongan PHDI Kubu mendapat pelajaran dari Ida I Dewa Gede Catra. Mulai dari teknis menulis di daun lontar, cara memegang pisau, menancapkan pisau ke daun lontar hingga muncul aksara Bali. Belajar menulis lontar dilangsungkan di Bale Panjang. Bale bertiang 12, beratap alang-alang itu dikhususkan tempat belajar menulis di daun lontar. Tersedia beberapa pisau khusus untuk digunakan menulis, juga tersedia daun lontar telah diolah dan siap dipakai lengkap dengan alas.

Peserta rombongan yang juga Bendahara PHDI Kecamatan Kubu Ni Nyoman Sukatiyasa merasakan awalnya sulit menancapkan pisau kecil di daun lontar. Setelah dicoba berulang kali akhirnya bisa membut aksara Bali. Dikatakan, budaya menulis di daun lontar sangat langka, perlu dilestarikan. “Tidak sembarang orang bisa menulis di daun lontar, ini menyangkut perasaan. Kalau telah bisa menulis dan bisa menikmati hasilnya, kepuasan sangat terasa,” jelas tokoh pendidikan peraih Trofi Widya Kusuma Tahun 2014 ini.

Sebelumnya rombongan SMAN 1 Tabanan juga datang untuk mengenal cara menulis di dun lontar. Di samping melihat proses daun lontar hingga bisa digunakan hingga menyimpan hasil karya. Bendesa Adat Dukuh Penaban Jro Nengah Suarya mengapresiasi kedatangan rombongan siswa dan PHDI Kecamatan Kubu yang berniat belajar menulis di daun lontar dan ingin tahu teknis menulis. Apalagi penekun daun lontar Ida I Dewa Gede Catra selalu siap melayani setiap pengunjung yang datang. “Kami telah menetapkan tagline, Malajah Sambil Malali. Belajar dulu baru rekreasi,” kata Jro Nengah Suarya. *k16

loading...

Komentar