nusabali

Gerindra Diisukan Minta 3 Kursi Menteri

Sodorkan Nama Fadli Zon, Edhy Prabowo dan Sandiaga Uno

  • www.nusabali.com-gerindra-diisukan-minta-3-kursi-menteri

Nama Sandiaga diisukan akan mengisi pos menteri bidang ekonomi, yaitu Menteri Investasi, dalam susunan kabinet yang beredar di grup-grup WA.

JAKARTA, NusaBali
Gerindra diisukan masuk barisan partai pendukung Jokowi. Isu itu kian santer setelah Gerindra mengajukan konsep-konsep pemerintahan ke Joko Widodo (Jokowi).

Namun Waketum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan jika konsep-konsep yang diajukan Prabowo Subianto diterima oleh Jokowi, partainya siap memperkuat pemerintahan. Namun, jika tidak, Gerindra akan tetap berada di luar. "Kalau diterima, ya, kita masuk, kalau belum bisa diterima ya kemungkinan kita memperkuat pemerintahan dari luar," kata Dasco kepada wartawan, Jumat (4/10).

Konsep ini belum pernah diumbar oleh Gerindra. Namun Dasco pernah berbicara tiga konsep yang diajukan ke Jokowi, yaitu konsep soal ketahanan pangan, ketahanan energi, dan ketahanan ekonomi.

Apakah artinya itu Gerindra meminta kursi menteri di tiga bidang tersebut? Dasco menepis. "Kami kan belum tahu ada di pemerintahan atau luar pemerintahan. Jadi saya pikir itu masih isu ya," ujarnya.

Namun isu berkembang. Kini tiga elite Gerindra disebut sedang dipertimbangkan Jokowi untuk merapat ke pemerintah. Mereka adalah duo Waketum Gerindra Fadli Zon dan Edhy Prabowo serta Sandiaga Uno, yang dikabarkan segera kembali mengantongi kartu tanda anggota Gerindra.

Apakah Gerindra memang menyodorkan ketiga tokoh itu ke Jokowi? Lagi-lagi Dasco menepis. Meski dia mengakui Gerindra menunggu perkembangan soal konsep-konsep yang disodorkan ke Jokowi.

"Belum bicara orang, baru bicara konsep. Kalau konsep diterima, dilihat pembidangannya, kalau ketemu pembidangannya baru tahu siapa orang yang tepat," kata Dasco.

Nama Sandiaga diisukan akan mengisi pos menteri bidang ekonomi, yaitu Menteri Investasi, dalam susunan kabinet yang beredar di grup-grup WA. Sementara Fadli Zon saat ini merupakan Ketum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), yang artinya bergerak di bidang ketahanan pangan. Edhy Prabowo pernah menjadi Ketua Komisi IV DPR, yang membidangi pertanian, kehutanan, lingkungan hidup dan pangan. Artinya, Edhy Prabowo dan Fadli Zon bisa saja bersaing untuk satu kursi di Kabinet Kerja jilid II.

Dibantah Sufmi Dasco Ahmad, Waketum Gerindra lainnya, Arief Poyuono, malah mengakui hal tersebut. "Ya sepertinya kita memang akan minta 3 posisi kementerian di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, tapi semua itu bergantung dengan Presiden Jokowi yang punya hak menyusun kabinet," ungkap Poyuono kepada wartawan, Jumat kemarin dilansir detik.com.

Ada tiga nama yang kabarnya disodorkan Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk masuk ke Kabinet Kerja jilid II, yaitu Waketum Gerindra Edhy Prabowo, Waketum Gerindra Fadli Zon, dan Sandiaga Uno, yang segera kembali ke partai berlambang kepala burung Garuda itu. Poyuono menegaskan ketiganya punya kapabilitas dan kompetensi di bidangnya masing-masing.

"Sandiaga, Fadli, dan Edhy Prabowo mereka semua tokoh Gerindra yang kompeten dan cerdas kok untuk bisa membantu pemerintahan Pak Joko Widodo, yang ke depan punya tantangan dan ancaman problem besar dengan ekonomi kalau melihat situasi global dan prediksi bank dunia terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya akan tumbuh di bawah 5 persen," tuturnya. "Dan tentu saja mereka bertiga akan bisa membantu pemerintahan Joko Widodo nantinya," lanjut Poyuono. *

Komentar